ABSTRAK BELAJAR MENGARANG MELALUI MEDIA PERMAINAN YANG BERVARIASI MENGGUNAKAN DADU BERGAMBAR DUSUN LINGSIR, DESA SLEMPIT, KECAMATAN KEDAMEAN KABUPATEN GRESIK

  • Yudi Arifani
  • Pressa Perdana
  • Denny Silfiani
  • Nita Andriani
  • Julia Efendi
  • Nur Halima S

Abstract

Setelah melakukan survey pada tanggal 10 Agustus 2017 di SDN 2 Slempit tidak banyak ditemukannya kendala atau permasalahan yang ada.Sebagian besar pendidikan di SDN 2 Slempit sudah memadai dan masuk kategori SDN Akreditasi B yang baik.Pendidikan di SDN 2 Slempit mayoritas siswa-sisiwinya diajari pendidikan intrakulikuler maupun ekstrakulikuler.Dalam pendidikan ekstrakulikuler siswa- siswi diberi pendidikan positif seperti ekstrakulikuler voli, pramuka, paduan suara dan sebagainya.Akan tetapi, dalam pendidikan intrakulikuler dalam lingkup sekolah khususnya sarana kurangnya fasilitas labolatorium komputer serta media pembelajaran yang digunakan dalam penyampaian pembelajaran.


Maka kami memberikan solusi dalam penyampaian pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu mengarang cerita melalui permainan yang bervariasi. Pembelajaran melalui media dalam bentuk permainan yang bervariasi kamikhususkan untuk kelas awal yaitu kelas  I, II, dan III. Untuk kelas I permainan yang dilakukan adalah permainan domikado, kelas II permainan tebak warna dan untuk kelas III permainan dadu.Setiap kelas dipandu oleh Tim KKN dari PGSD. Secara garis besar tujuan kegiatan yang di ajarkan oleh Tim KKN PGSD melatih keberanian anak-anak kelas awal untuk melatih  berbicara,  dan bercerita pengalaman di depan teman-temannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 14, 2018
How to Cite
ARIFANI, Yudi et al. ABSTRAK BELAJAR MENGARANG MELALUI MEDIA PERMAINAN YANG BERVARIASI MENGGUNAKAN DADU BERGAMBAR DUSUN LINGSIR, DESA SLEMPIT, KECAMATAN KEDAMEAN KABUPATEN GRESIK. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 8-17, feb. 2018. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/268>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v1i2.268.
Section
Articles