ANALISIS FAKTOR RISIKO KESELAMAT PADA INSTALASI RADIOLOGI DI RUMAH SAKIT MEDIKA MULIA TUBAN

  • Sugiantoro Sugiantoro University Muhammadiyah of Gresik
  • Dwi Faqihatus Syarifah Has, S.KM., M.Epid university Muhammadiyah of Gresik

Abstract

Instalasi Radiologi merupakan bagian integral penunjang medik di rumah sakit untuk membantu menegakkan diagnosa suatu penyakit. Rumah Sakit Medika Mulia Tuban memiliki fasilitas peralatan digital radiologi diantaranya CT Scan 2 Slice, USG 2 dan 4 Dimensi, serta radiografi umum. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor risiko keselamatan kerja meliputi potensi bahaya fisik, biologi, ergonomi, dan elektrikal yang terdapat pada Instalasi Radiologi RS Medika Mulia Tuban.


Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan pada Instalasi Radiologi di RS Medika Mulia Tuban menggunakan Teknik purposive yang terdiri dari informan kunci yaitu Direktur RS Medika Mulia Tuban, informan utama petugas radiographer serta administrasi, serta informan tambahan yaitu rekan kerja informan utama di Instalasi Radiologi RS Medika Mulia Tuban. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif frekuensi.


Hasil penelitian yang diperoleh di Instalasi Radiologi RS Medika Mulia Tuban adalah terdapat bahaya fisik, bahaya biologi, bahaya ergonomic, dan bahaya elektrikal di Instalasi Radiologi RS Medika Mulia Tuban. Disarankan kepada RS Medika Mulia Tuban untuk menyediakan pelindung gonad atau ovarium, masker N95, handscoon, tempat duduk yang sesuai agar pekerja tidak selalu berdiri saat melakukan penyinaran, handsanitizer atau sabun untuk cuci tangan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 15, 2023
How to Cite
SUGIANTORO, Sugiantoro; SYARIFAH HAS, S.KM., M.EPID, Dwi Faqihatus. ANALISIS FAKTOR RISIKO KESELAMAT PADA INSTALASI RADIOLOGI DI RUMAH SAKIT MEDIKA MULIA TUBAN. Journal of Public Health Science Research, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 32-45, may 2023. ISSN 2716-4845. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jphsr/article/view/5623>. Date accessed: 17 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jphsr.v3i2.5623.
Section
Articles