Pemerolehan Variasi Bahasa Anak Usia Dini Dalam Perspektif Sosiolinguistik

Pemerolehan Variasi Bahasa Anak Usia Dini Dalam Perspektif Sosiolinguistik

  • Alfiyanti Nurkhasyanah Universitas Bani Saleh

Abstract

Terjadinya variasi bahasa bukan hanya disebabkan oleh penutur yang beragam, tetapi karena kegiatan interaksi sosial yang dilakukan juga sangat beragam. Sosiolinguistik memandang bahasa sebagai sistem sosial dan sistem komunikasi yang paling utama, selain itu sosiolinguistik merupakan bagian dari masyarakat dan kebudayaan terhadap bahasa dan hubungannya dalam pemakaiannya di masyarakat. Tujuan penelitiann ini ialah untuk menganalisis pemerolehan variasi bahasa yang diperoleh anak usia dini di Canden, Jetis, Bantul. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini ialah anak usia dini. Sedangkan objek penelitian ini yaitu pemerolehan variasi bahasa anak.  Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis pada penelitian ini ialah menggunakan Miles and Huberman. Data yang diperoleh kemudian di reduksi, disajikan, dan diambil sebuah kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian bahwa wujud pemerolehan variasi bahasa pada anak 3 tahun yaitu menggunakan bahasa Jawa Ngoko, Bahasa Jawa Kromo dan Bahasa Indonesia untuk berinterasksi dan berkomunikasi dengan orang lain dalam keseharian anak baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 9, 2024
How to Cite
NURKHASYANAH, Alfiyanti. Pemerolehan Variasi Bahasa Anak Usia Dini Dalam Perspektif Sosiolinguistik. Journal of Islamic Education for Early Childhood, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 1-10, july 2024. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/7970>. Date accessed: 03 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v6i2.7970.