Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak Usia Dini Melalui Media Boneka Jari Di Lingkungan Sekolah

Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak Usia Dini Melalui Media Boneka Jari Di Lingkungan Sekolah

  • Novita Widiyaningrum STAI AL-AZHAR MENGANTI
  • Asmaul Husnah IAI Al-Khoziny

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak usia dini kelompok B di TK Al-Hayat melalui penerapan media boneka jari. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah, observasi aktivitas siswa dan data tes. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data hasil pengamatan dan data hasil tes siswa secara kelompok. Pada penelitian ini dilaksanakan 2 siklus karena pada siklus I rata-rata aktivitas guru adalah 3,8 dengan persentase 90%, aktivitas siswa mendapat rata-rata 3,2 dengan persentase 80%, sedangkan hasil tes lisan secara kelompok pada siklus I memperoleh rata-rata 2,63 dengan persentase sebesar 66%. Pada siklus II aktivitas guru memperoleh rata-rata 3,9 dengan persentase 97%, aktivitas siswa memperoleh rata-rata 3,8 dengan persentase 95%, sedangkan hasil tes lisan secara kelompok pada siklus II memperoleh rata-rata 3 dengan persentase 75%. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan dengan penggunaan media boneka jari dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada anak usia dini di lingkungan sekolah.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 29, 2023
How to Cite
WIDIYANINGRUM, Novita; HUSNAH, Asmaul. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak Usia Dini Melalui Media Boneka Jari Di Lingkungan Sekolah. Journal of Islamic Education for Early Childhood, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 91-99, july 2023. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/6141>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v5i2.6141.