Sistem Pengelolaan Model Pembelajaran Klasikal dan Model Pembelajaran Kelompok di TK Mini Pak Kasur

  • Aulia Robiah Adawiah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aflah Andiya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lea Sartika Universitas Pendidikan Indonesia
  • Deri Hendriawan Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Model klasikal merupakan sebuah pembelajaran yang dimana sekelompok anak didik dalam jumlah banyak bersama dengan pendidik dalam satu kelas melakukan kegiatan belajar mengajar bersamaan dalam waktu yang sama. Sedangkan Model kelompok adalah strategi pembelajaran yang melibatkan partisipasi aktif siswa dalam kelompok kecil untuk berinteraksi dan belajar secara kolaboratif. Dengan menggunakan pendekatan ini, guru dapat mengelola ruang kelas dengan lebih efektif dan siswa memiliki kesempatan untuk belajar bersama dengan teman sekelompok mereka.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model-model pembelajaran seperti apa yang sesuai dengan kurikulum ataupun tujuan masing-masing sekolah. Peneliti melakukan wawancara di TK Mini Pak Kasur yang menggunakan dua pendekatan pembelajaran yang berbeda, yakni pendekatan pembelajaran klasikal dan pendekatan pembelajaran kelompok. Sehingga pelaksanaan model pembelajaran dilaksanakan secara bergantian sesuai dengan RPPH yang ada di sekolah tersebut. Metode deskriptif kualitatif adalah jenis, model, atau desain. Dalam metode ini peneliti membahas model pembelajaran sesuai hasil wawancara yaitu. yaitu, ada laporan nyata tanpa konfigurasi atau dalam keadaan percobaan. Model klasikal yang ada di TK Mini Pak Kasur ini melakukan evaluasi pada setiap pembelajaran dengan melihat hasil karya dari anak didik setiap hari.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 13, 2023
How to Cite
ADAWIAH, Aulia Robiah et al. Sistem Pengelolaan Model Pembelajaran Klasikal dan Model Pembelajaran Kelompok di TK Mini Pak Kasur. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 25-31, july 2023. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/5760>. Date accessed: 22 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v5i2.5760.