Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Dengan Media Audiovisual Terhadap Literasi Anak Kelompok B
Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Dengan Media Audiovisual Terhadap Literasi Anak Kelompok B
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan media audiovisual terhadap kemampuan literasi baca tulis anak kelompok B di TK Dharma Wanita Bulus. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan rancangan Non Equivalent control group design. Subjek penelitian berjumlah masing-masing 12 anak pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Penelitian ini menggunakan interrater reliability dengan uji konsistensi Alpha Cronbach. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T Test menunjukkan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000, yang lebih rendah dari level signifikansi yang ditetapkan (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest pada kelompok eksperimen. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima, sementara hipotesis nol (Ho) ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai signifikansi pretest eksperimen dan posttest eksperimen adalah 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan dalam kelompok eksperimen. Sedangkan, nilai signifikansi pretest kontrol dan posttest kontrol adalah 0,025 > 0,05, yang menunjukkan bahwa tidak ada perubahan yang signifikan. Berdasarkan hipotesis yang diajukan, Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran discovery learning dengan media audiovisual terhadap literasi anak dalam kelompok B di TK Dharma Wanita Bulus.
Kata Kunci: Anak usia dini. audiovisual, discovery learning, literasi baca tulis