UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN MELALUI APLIKASI DIGITAL SIC PROSPERITY DI SEMEN INDONESIA COOPERATIVE
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis fitur dan manfaat aplikasi digital Semen Indonesia Cooperative Prosperity, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas layanan yang diberikan dengan adanya aplikasi digital SIC Prosperity, dan menganalisis upaya untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan dengan adanya aplikasi digital Semen Indonesia Cooperative Prosperity. Menggunakan teknik deskriptif kualitastif berdasarkan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data didasarkan pada wawancara terstruktur dengan pertanyaan yang telah disiapkan sebelumnya dari informasi yang diperoleh. Hasil menunjukkan bahwa upaya meningkatkan kualitas layanan dengan pengembangan fitur-fitur seperti koneksi simpanan sukarela untuk berbelanja, penarikan simpanan online, dan fitur pembayaran untuk kebutuhan sehari-hari, fitur mutasi simpanan dan simulasi pembiayaan yang lebih rinci meningkatkan transparansi dan perencanaan keuangan, partisipasi anggota dalam pengambilan keputusan diperkuat dengan adanya entry surat suara online pada Rapat Anggota Tahunan, memperluas kerjasama dengan ritel dan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dalam pengelolaan teknologi. Namun, pelayanan yang diberikan dengan adanya aplikasi digital Semen Indonesia Cooperative Prosperity cukup baik sesuai dengan 5 dimensi kualitas layanan (reliability, tangible, responsiveness, assurance dan emphty). Pengembangan fitur dalam aplikasi digital Semen Indonesia Cooperative Prosperity tidak hanya memenuhi kebutuhan anggota tetapi juga meningkatkan pengalaman layanan secara keseluruhan. Dengan memperkuat transparansi, fleksibilitas, dan partisipasi anggota, serta meningkatkan kerjasama dengan ritel dan kompetensi Sumber Daya Manusia, Semen Indonesia Cooperative Prosperity berpotensi untuk menjadi solusi keuangan digital yang lebih inovatif dan efektif. Upaya ini menunjukkan komitmen yang kuat untuk memberikan layanan yang berkualitas dan relevan bagi seluruh anggota.