Parenting: Pola Asuh Ideal dan Problematika Remaja Generasi Z

  • Aniek Wirastania Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Elia Firda Mufidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dimas Ardika Miftah Farid Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dewi Anya Laiqa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Jihan Fitrotun Nisa' Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Era Society 5.0 hadir sebagai respons terhadap tantangan revolusi industri 4.0, yang menuntut pendidikan untuk menghasilkan lulusan dengan kemampuan berpikir kritis, inovatif, pemecahan masalah, serta keterampilan komunikasi dan kolaborasi. Salah satu bentuk kolaborasi yang bisa dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling sebagai bagian dari sekolah yakni berkolaborasi dengan orang tua dengan membuat kegiatan parenting. Dari hal tersebut peneliti melaksanakan kegiatan pengabdian dalam bentuk parenting yang bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait pola asuh ideal dan problematika remaja generasi Z di SMA Ulul Albab. Kegiatan ini bekerjasama dengan guru BK dan melibatkan 45 orang tua siswa yang diadakan pada tanggal 20 Agustus 2025. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan metode service leraning. Adapun tahapan dari service learning yakni identifikasi masalah atau kebutuhan masyarakat, integrasi pembelajaran akademis, pelayanan kepada masyarakat, kolaborasi dengan mitra masyarakat, refleksi dan evaluasi dan pembelajaran yang berkelanjutan. Dari hasil pengabdian didapatkan peningkatan pemahaman urgensi parenting, peningkatan pemahaman karakteristik generasi Z dan peningkatan pemahaman kelebihan dan kekurangan generasi Z

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 29, 2024
How to Cite
WIRASTANIA, Aniek et al. Parenting: Pola Asuh Ideal dan Problematika Remaja Generasi Z. Conscilience: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 41-50, oct. 2024. ISSN 2986-8130. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jc/article/view/8761>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jc.v2i2.8761.
Section
Articles