PENDEKATAN SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW DAN EUCS : MENGUKUR KEPUASAN PENGGUNA TIKTOK DAN INSTAGRAM
DOI:
https://doi.org/10.30587/indexia.v6i2.9252Keywords:
EUCS, Instagram Reels, Kepuasan Pengguna, SLR, TiktokAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pengguna aplikasi TikTok dan Instagram Reels menggunakan pendekatan End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Systematic Literature Review (SLR). Lima dimensi utama EUCS yang dianalisis meliputi konten, akurasi, format, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu. Data utama dikumpulkan melalui kuesioner daring yang melibatkan 58 responden dengan metode random sampling. Selain itu, analisis literatur sistematis dilakukan dengan model PRISMA untuk memperkuat temuan empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua aplikasi memperoleh tingkat kepuasan yang tinggi pada semua dimensi, dengan dimensi konten dan akurasi sebagai faktor yang paling signifikan. TikTok unggul dalam variasi dan relevansi konten serta akurasi rekomendasi, sementara Instagram Reels lebih menonjol dalam desain antarmuka. Kombinasi pendekatan EUCS dan SLR memberikan wawasan holistik mengenai pengalaman pengguna, yang dapat digunakan oleh pengembang aplikasi untuk meningkatkan kualitas layanan.
References
[2] A. Z. Yonatan, “10 Media Sosial dengan Pengguna Terbanyak 2024,” https://data.goodstats.id/statistic/10-media-sosial-dengan-pengguna-terbanyak-2024-CaJT1.
[3] S. V. Mahardika, I. I. Mauna, Z. Islamiyah, and I. Nurjannah, “Faktor-Faktor Penyebab Tingginya Minat Generasi Post-Millenial Indonesia Terhadap Penggunaan Aplikasi Tik-Tok,” Social Science Educational Research, vol. 2, no. 1, pp. 40–53, Dec. 2021.
[4] Redaksi, “Raja Aplikasi Terbaru 2023, Facebook-Instagram Tenggelam,” https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230511134131-37-436553/raja-aplikasi-terbaru-2023-facebook-instagram-tenggelam.
[5] R. Wijaya, A. Putranto, and B. Pemeriksa Keuangan, “Instagram dalam Perspektif Kapitalisme Lanjut,” vol. 02, no. 2023, pp. 93–102.
[6] Davina Pebrimireni and Diena San Fauziya, “Analisis Penggunaan Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa,” Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan bahasa dan Sastra, vol. 2, no. 3, pp. 169–178, Jul. 2024, doi: 10.61132/bima.v2i3.1040.
[7] P. Angga Buana, A. Wicaksana, and S. Adinugroho, “Pengukuran Kegunaan dan Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Virtual Tour Reality dalam Meningkatkan Pengalaman Wisata,” Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 2, pp. 101–111, Nov. 2024, doi: 10.33364/algoritma/v.21-2.1991.
[8] F. Abdillah, “Analisis Evaluasi Penggunaan Aplikasi TikTok dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” JVEIT : Journal of Vocational Education and Information Technology, vol. 4, no. 2, pp. 57–61, 2023, [Online]. Available: http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/jveit
[9] R. Novemnur, M. Afdal, I. Permana, and M. Fronita, “Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Aplikasi TikTok Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 13, no. 1, pp. 131–141, Apr. 2024.
[10] Nurvarahim, “Analisa Kepuasan Pengguna Aplikasi Tiktok Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” Indonesian Journal Computer Science, vol. 3, no. 1, pp. 8–15, Apr. 2024.
[11] P. Amelia Agustin and I. Kadek Dwi Nuryana, “Analisa Perbandingan Pengguna Aplikasi Tiktok dengan Snack Video menggunakan Metode UTAUT dan EUCS,” JEISBI : (Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence), vol. 3, no. 4, 2022.
[12] M. Qomarul Huda and R. Mustafa Maulana, “Evaluasi Usability Pada Aplikasi Instagram Menggunakan Metode Usability Testing,” Jurnal Perangkat Lunak, vol. 5, no. 3, pp. 259–270, Oct. 2023.
[13] D. S. Maharani, S. P. Putra, A. F. Prasetyo, and P. A. Buana, “Peran Infrastruktur Teknologi Dalam Meningkatkan Strategi Digital Marketing Umkm The Role Of Technology Infrastructure In Enhancing Msme Digital Marketing Strategies,” Jurnal Komputer dan Teknologi Sains (KOMTEKS), vol. 4, no. 1, pp. 15–22, Jan. 2025.
[14] F. R. Abriansah et al., “Exploring User Experiences of Chat GPT and Google Gemini AI : A SUS and EUCS Approach,” Computer Engineering and Artificial Intelligence, vol. 1, no. 2, pp. 68–76, Dec. 2024, [Online]. Available: https://journal.redtechidn.org/index.php/itcea
[15] P. Angga Buana, Y. A. Prasetyo, M. Muhsinin, M. S. Riza, A. M. Arif, and A. T. Prakoso, “User Satisfaction Evaluation of Meta AI Integration in WhatsApp: A Quantitative EUCS Approach,” Computer Engineering and Artificial Intelligence, vol. 1, no. 2, pp. 77–84, Dec. 2024, [Online]. Available: https://journal.redtechidn.org/index.php/itcea
[16] N. F. Zuhroh and F. A. Pradhani, “Peran Sistem Informasi Dalam Implementasi Digital Marketing: A Systematic Literature Review,” Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBis), vol. 3, no. 2, pp. 174–187, May 2024, doi: 10.24034/jimbis.v3i2.6690.
[17] D. Fitriani and A. Putra, “Systematic Literature Review (SLR): Eksplorasi Etnomatematika pada Makanan Tradisional,” Journal of Mathematics Education and Learning, vol. 2, no. 1, pp. 18–26, Mar. 2022, doi: 10.19184/jomeal.v2i1.29093.
[18] T. K. F. Chiu, Q. Xia, X. Zhou, C. S. Chai, and M. Cheng, “Systematic literature review on opportunities, challenges, and future research recommendations of artificial intelligence in education,” Computers and Education: Artificial Intelligence, vol. 4, pp. 1–15, Jan. 2023, doi: 10.1016/j.caeai.2022.100118.
[19] D. Firmansyah and D. Dede, “Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), vol. 1, no. 2, pp. 85–114, 2022, doi: 10.55927.
[20] N. D. Arisyi, F. M. Haykal, D. I. Setiawan, R. A. Masum, and P. A. Buana, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Digital Akademik Menggunakan System Usability Scale (SUS),” Jurnal Komputer dan Teknologi Sains (KOMTEKS), vol. 4, no. 1, pp. 29–34, Jan. 2025, [Online]. Available: http://sima.usm.ac.id