RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE ANDROID UNTUK SISTEM INFORMASI LOKASI WISATA KABUPATEN GRESIK MENGGUNAKAN METODE ITEM-BASED COLLABORATIVE FILTERING

  • Hendry Hermawan PT. Petrokimia Gresik
  • Harunur Rosyid

Abstract

Kemajuan teknologi telah mengubah cara perjalanan dan perencanaan kegiatan pariwisata, wisatawan tidak perlu lagi menggunakan alat offline seperti pensil dan kertas untuk mencatat lokasi tempat wisata tertentu. Informasi yang sering ditampilkan adalah informasi tentang tempat wisata, cerita lokal tentang tempat tersebut, informasi akomodasi dan lain sebagainya, wisatawan tidak dapat memperoleh informasi tersebut tanpa bergabung dengan grup wisata atau ponsel dengan akses web. Namun karena keterbatasan informasi tempat wisata dan jarak yang ditempuh atau informasi akomodasi membuat para wisatawan kurang tertarik untuk mengunjungi lokasi objek wisata tersebut. Hal tersebut menyebabkan masyarakat kurang tertarik dengan tempat wisata yang mereka kurang menarik untuk dikunjungi karena kurangnya informasi dan tidak adanya rekomendasi tentang tempat wisata tersebut. Aplikasi sistem informasi yang dibuat dapat membantu aktivitas wisatawan dalam mencari informasi mengenai lokasi wisata, tempat wisata dan lokasi tujuan wisatawan menuju objek wisata, sistem kemudahan dan mobilitas dapat dibangun sistem navigasi pariwisata pada smartphone android, dan metode item Pemfilteran berbasis kolaboratif wisatawan mendapatkan rekomendasi tempat wisata sesuai dengan keinginan pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 20, 2021
How to Cite
HERMAWAN, Hendry; ROSYID, Harunur. RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE ANDROID UNTUK SISTEM INFORMASI LOKASI WISATA KABUPATEN GRESIK MENGGUNAKAN METODE ITEM-BASED COLLABORATIVE FILTERING. Indexia : Informatics and Computational Intelligent Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, apr. 2021. ISSN 2657-0424. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/indexia/article/view/2552>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/indexia.v2i1.2552.