IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN ATURAN ASOSIASI PADA PENJUALAN SUKU CADANG SEPEDA MOTOR DI PT.AHASS AGUNG MOTOR MALANG

  • Poepy Tri Handayani PT. Ahass Agung Motor
  • Harunur Rosyid

Abstract

Ahass Agung Motor adalah perusahaan otomotif konsumen yang mencakup suku cadang otomotif konsumen dan jasa kendaraan bermotor. Suku cadang adalah bagian penting dari manajemen rantai pasokan. Penjualan merupakan salah satu faktor penting dalam mendukung keberlangsungan operasional di PT. Ahass Agung Motor. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat membantu menentukan pola pembelian konsumen. Dengan menggunakan data transaksi penjualan, sistem ini dapat dijadikan solusi yang tepat untuk meningkatkan kecepatan proses penentuan Frequent Itemset, Membentuk 3 itemset dari 2 itemset, menghitung nilai support dan confidence serta membentuk aturan asosiasi 2- itemset dan 3-itemset. Berdasarkan tabel analisis data transaksi penjualan tahun 2017 terdapat aturan yang memiliki tingkat dukungan tertinggi pada setiap periode dari tiga pengujian dengan aturan 3 itemset yaitu {Dop kfv, Kampas kph} → {Kampas kzl} sedangkan yang tertinggi rule 2 itemset adalah {Pad set kwb 601} → {Pad set kvb T-01} yang memiliki korelasi atau hubungan positif dengan nilai korelasi ≥ 1.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 20, 2021
How to Cite
HANDAYANI, Poepy Tri; ROSYID, Harunur. IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN ATURAN ASOSIASI PADA PENJUALAN SUKU CADANG SEPEDA MOTOR DI PT.AHASS AGUNG MOTOR MALANG. Indexia : Informatics and Computational Intelligent Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, apr. 2021. ISSN 2657-0424. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/indexia/article/view/2551>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/indexia.v2i1.2551.