ANALISIS INTERAKSI PENGGUNA WEBSITE SIAPBAHAGIA BKKBN JATIM SEBAGAI LAYANAN KONSULTASI DIGITAL

Authors

  • Aina Nur Illah Program Studi Sistem Informasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.
  • Ilham Ilham Program Studi Sistem Informasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.

DOI:

https://doi.org/10.30587/indexia.v7i1.9602

Keywords:

Interaksi pengguna, layanan konsultasi digital, evaluasi situs web, analisis data

Abstract

SIAPBAHAGIA merupakan layanan konsultasi digital yang dikembangkan oleh BKKBN Jawa Timur untuk mendukung layanan konsultasi keluarga dan kesehatan reproduksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis interaksi pengguna serta mengevaluasi efektivitas website SIAPBAHAGIA berdasarkan data laporan performa yang mencakup jumlah kunjungan harian, mingguan, dan bulanan, jumlah klik pada fitur, serta penggunaan layanan konsultasi dan literasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan analisis data yang divisualisasikan dalam bentuk grafik menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah klik dan interaksi pengguna mengalami fluktuasi sepanjang tahun, dengan puncak tertinggi terjadi pada bulan Januari dan Agustus. Layanan medis memiliki tingkat penggunaan tertinggi dibandingkan layanan psikolog dan program, mengindikasikan bahwa kebutuhan kesehatan lebih mendesak dibandingkan aspek psikologis. Namun, rendahnya keterlibatan pengguna dalam layanan psikolog dan program menunjukkan perlunya peningkatan kesadaran dan promosi lebih lanjut. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan wawasan mengenai pola interaksi pengguna dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas layanan SIAPBAHAGIA.

References

[1] P. Studi, T. Elektro, F. T. Industri, and U. I. Indonesia, “Digital Platform untuk Evaluasi dan Konsultasi Keluhan Nyeri Secara Integratif Digital Platform untuk Evaluasi dan Konsultasi Keluhan Nyeri Secara Integratif,” no. 19524050, 2023.
[2] K. Hadiono and R. C. Noor Santi, “Menyongsong Transformasi Digital,” Proceeding Sendiu, no. July, pp. 978–979, 2020.
[3] A. Eka Yuda Wibawa, “Implementasi Platform Digital Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Mi Muhammadiyah Pk Kartasura Pada Masa Pandemi Covid-19,” Berajah J., vol. 1, no. 2, pp. 76–84, 2021.
[4] S. Ilmu et al., “Efektvitas Pelayanan Keluarga Sejahtera Melalui Website Siap Bahagia Di Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Selvia Nipfasari Meirinawati,” pp. 657–666.
[5] R. Rohanda and Y. Winoto, “Analisis Bibliometrika Tingkat Kolaborasi, Produktivitas Penulis, Serta Profil Artikel Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Tahun 2014-2018,” Pustabiblia J. Libr. Inf. Sci., vol. 3, no. 1, p. 1, 2019.
[6] T. Lestariningsih, “Analisis Sitem Informasi Dalam Perspektif Human Computer Interaction,” J. AKSI (Akuntansi dan Sist. Informasi), vol. 1, no. 1, pp. 5–9, 2017.
[7] I. Hamidah, Bangkit Indarmawan Nugroho, and Sarif Surorejo, “Penerapan Interaksi Manusia Dan Komputer Pada Antarmuka Sistem Informasi Akademik,” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 5, no. 1, pp. 111–120, 2023.
[8] Atio Ramona, “Analisis Perbandingan User Experience PadaAplikasi E-Wallet Dana Dengan Ovo MenggunakanMetode Utaut Dan Eucs,” vol. 16, no. 1, pp. 237–251, 2024.
[9] D. Y. Sihombing and Y. Nataliani, “Analisis Interaksi Pengguna Twitter pada Strategi Pengadaan Barang Menggunakan Social Network Analysis,” Sistemasi, vol. 10, no. 2, p. 434, 2021.
[10] I. R. Kholidah and A. A. Sujadi, “Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal di SD Negeri Gunturan Pandak Bantul Tahun Ajaran 2016/2017,” Trihayu J. Pendidik. Ke-SD-an, vol. 4, no. 3, pp. 428–431, 2018.
[11] A. Mayasari, W. Pujasari, U. Ulfah, and O. Arifudin, “Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik,” J. Tahsinia, vol. 2, no. 2, pp. 173–179, 2021.
[12] E. Nur Inah, “PERAN KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI GURU DAN SISWA Ety Nur Inah,” Al-Ta’dib, vol. 8, no. 2, pp. 150–167, 2015.
[13] D. N. Kristanty, “Tren dan Tantangan Keamanan Bertransaksi dengan Qris dalam Era Transformasi Sistem Pembayaran Digital,” vol. 5, no. 10, pp. 3923–3933, 2024.
[14] D. Aryanti and J. Setiawan, “Visualisasi Data Penjualan dan Produksi PT Nitto Alam Indonesia Periode 2014-2018,” Ultim. InfoSys, vol. 9, no. 2, pp. 86–91, 2019.
[15] I. L, “EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1,” Eval. Dalam Proses Pembelajaran, vol. 9, no. 2, p. 344, 2019.
[16] B. Sinaga and R. Rochmoeljati, “Analisis Manajemen Risiko Aset Teknologi Informasi dan Pemeliharaan Aset Menggunakan Quantitative Risk Analysis WH-TGR,” J. Tek. Ind., vol. 27, no. 1, pp. 28–41, 2024.
[17] T. Ratuannisa, I. Santosa, and K. Kahdar, “Nilai Lokal Khas sebagai Pembentuk Karakter Tren Fashion Indonesia,” Semin. Nas. Seni dan Desain “Membangun Tradisi Inov. Melalui Ris. Berbas. Prakt. Seni dan Desain,” vol. 14, no. 3, pp. 38–43, 2017.
[18] A. Hidayati, “Fluktuasi Biaya Haji Dalam Rupiah, Dolar AS dan Dinar: Perspektif Investasi Syariah,” Muslim Herit., vol. 3, no. 1, p. 139, 2018.
[19] Y. I. Gunawan and M. Saragih, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Medis Dan Inovasi Layanan Administrasi Terhadap Kepuasan Pasien,” J. Manaj. Kewirausahaan, vol. 16, no. 1, p. 33, 2019.
[20] H. Mansur and D. F. Makarim, “Survei Kepuasan Muzakki Terhadap Kualitas Pelayanan BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta,” J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 10, no. 02, pp. 1595–1602, 2024.
[21] Deandlles Christover, Aji Syarif Hidayattulah, and Indah Mawarni, “Penerapan Konsep-Konsep Digitalisasi dalam Pelayanan Publik di Kantor Desa Manunggal Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara,” J. Res. Dev. Public Policy, vol. 2, no. 2, pp. 199–214, 2023.

Downloads

Published

2025-05-01

How to Cite

Illah, A. N., & Ilham, I. (2025). ANALISIS INTERAKSI PENGGUNA WEBSITE SIAPBAHAGIA BKKBN JATIM SEBAGAI LAYANAN KONSULTASI DIGITAL. Indexia, 7(1), 19–24. https://doi.org/10.30587/indexia.v7i1.9602

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.