ANALISIS KEGUNAAN DAN KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI SHOPEE FOOD DAN GO FOOD MENGGUNAKAN METODE SUS DAN EUCS

Authors

  • Pratama Angga Buana Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Semarang
  • Sekar Cinta Amaria Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Semarang
  • Efa Arfin Lauda Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Semarang
  • Hetta Rachma Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30587/indexia.v6i2.9251

Keywords:

go food, kegunaan, kepuasan pengguna, shopeefood, sus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan pengguna pada aplikasi Shopee Food dan Go Food menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dan End-User Computing Satisfaction (EUCS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua aplikasi memberikan pengalaman yang memuaskan bagi pengguna. Go Food sedikit lebih unggul dalam kemudahan dipelajari (Learnability, skor 4,26) dan ketepatan waktu layanan (Timeliness, skor 4,09), sementara Shopee Food memiliki keunggulan dalam kemudahan penggunaan (Ease of Use, skor 4,03). Uji korelasi Spearman menemukan hubungan yang sangat kuat antara kegunaan aplikasi dan kepuasan pengguna, dengan koefisien 0,85. Artinya, perbaikan dalam kegunaan aplikasi dapat meningkatkan kepuasan pengguna secara signifikan. Penelitian ini merekomendasikan agar Shopee Food fokus pada peningkatan pengelolaan kesalahan, sedangkan Go Food dapat memperbaiki tata letak antarmuka untuk memberikan layanan yang lebih baik

References

[1] S. Aulia Rahardjo, I. Iswati, and A. Fitriyasari, “Pengaruh Harga Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Aplikasi Shopeefood di Surabaya Selatan,” Co-Value: Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan, vol. 15, no. 2, Jun. 2024, [Online]. Available: https://journal.ikopin.ac.id
[2] R. A. Rahman, V. H. Pranatawijaya, and N. N. K. Sari, “Analisis Sentimen Berbasis Aspek pada Ulasan Aplikasi Gojek,” KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 4, no. 1, pp. 70–82, Jun. 2024.
[3] T. J. I. Putra and F. Asj’ari, “Pengaruh Free Shipping, Flash Sale Dan Cashback Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Aplikasi Shopee Di Surabaya Pada Masa Pandemi Covid 19,” JAMANIS : Jurnal Manajemen dan Bisnis, pp. 31–37.
[4] S. F. T. Andalas, “209,3 Juta Orang di Indonesia Menggunakan Smartphone pada Tahun 2023.”
[5] A. E. Cahyani and Y. P. Astuti, “Analisis Strategi Persaingan Layanan Jasa Pesan-Antar Makanan Menggunakan Game Theory (Studi Kasus Persaingan Shopeefood Dan Gofood),” MATHunesa Jurnal Ilmiah Matematika, vol. 10, no. 1, pp. 190–198, 2022.
[6] A. C. M. Sari, W. Winarso, and H. Anas, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Di Shopeefood,” JURNAL ECONOMINA, vol. 2, no. 9, pp. 2610–2627, Sep. 2023, doi: 10.55681/economina.v2i9.837.
[7] S. N. Rismanah, R. Astuti, and F. M. Basysyar, “Penerapan Algoritma Support Vector Machine Dalam Menganalisis Sentimen Ulasan Pelanggan Shopeefood Berdasarkan Twitter,” Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, vol. 8, no. 1, pp. 406–412, Feb. 2024.
[8] B. Dewansyah, N. Gunawan, C. Lukita, and S. Pranata, “Analisis Pengaruh Harga Makanan, Biaya Delivery, Dan Biaya Aplikasi Terhadap Pengambilan Keputusan Transaksi Gofood Pada Aplikasi Gojek Dengan Kondisi Keuangan Sebagai Variabel Moderator,” Jurnal Digit, vol. 13, no. 2, pp. 144–153, Nov. 2023.
[9] J. A. Putri and W. N. Faroh, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Shopee (Studi Kasus Toko Online Bobby Bakery),” JISM Jurnal Ilmiah Swara Manajemen Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen, vol. 3, no. 3, pp. 637–650, Sep. 2023, doi: 10.32493/jism.v3i3.
[10] Q. Qurrotul A’yun, M. Waluyo, and R. Artikel, “Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Shopeefood Delivery di Kota Surabaya dengan Pendekatan Customer Value Analysis (CVA),” Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri Universitas Kadiri, vol. 6, no. 1, pp. 14–29, Oct. 2022, doi: 10.30737/jatiunik.v6i1.2650.g2384.
[11] M. Kartika Sari, H. Jati Setyadi, and V. Zahrotun Kamila, “Penerapan Model Use Questionnaire untuk Menganalisis Usability yang Dipengaruhi oleh User Experience pada Aplikasi Shopee,” JITSI : Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, vol. 4, no. 2, pp. 64–73, 2023, [Online]. Available: http://jurnal-itsi.org
[12] N. Aprillia and M. R. Sanjaya, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Gofood Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 5, no. 4, pp. 511–520, Oct. 2023, doi: 10.47233/jteksis.v5i4.1053.
[13] N. Hidayah and A. Nugroho, “Analisis Kepuasan Pengguna Layanan GoFood pada Aplikasi Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction di Kota Salatiga,” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 9, no. 4, pp. 1855–1868, 2024, doi: 10.29100/jipi.v9i4.5509.
[14] M. I. Farouqi, I. Aknuranda, and A. D. Herlambang, “Evaluasi Usability pada Aplikasi Go-Jek Dengan Menggunakan Metode Pengujian Usability,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 9, pp. 3110–3117, Sep. 2018, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
[15] B. Santoso, A. Haidir, P. Priyono, H. Destiana, and M. H. Fakhriza, “Analisis Tingkat Kepuasan Penggunaan Aplikasi Gojek Khusus Driver Menggunakan Metode EUCS,” Jurnal Ilmiah Komputasi, vol. 23, no. 1, pp. 105–112, Mar. 2024, doi: 10.32409/jikstik.23.1.3514.
[16] C. D. A. A. P. Chrishariyani, Y. Rahman, and Q. Aini, “Kepuasan Pengguna Layanan Shopee Food Menggunakan Algoritma Naive Bayes,” Jurnal Sistem Informasi Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 99–106, Nov. 2022, doi: 10.21456/vol12iss2pp99-106.
[17] S. Purwati, S. Mayasari, and N. Oktyajati, “Analisis Kepuasan Pelanggan Layanan Shopeefood dengan Menggunakan Metode E-Service Quality,” JUMINTEN : Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi, vol. 3, no. 3, pp. 1–12, Sep. 2022, doi: 10.33005/juminten.v3i1.382.
[18] O. Perangin-Angin and J. I. Sihotang, “Shopeefood Customer Satisfaction Modeling Based on Webqual 4.0 and Kano Method,” Jurnal TeIKa, vol. 13, no. 1, pp. 17–29, Apr. 2023.
[19] M. Shania and T. Tranggono, “Analisis Usability Pada Aplikasi Shopee Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, vol. 9, no. 2, pp. 452–465, May 2024, doi: 10.28926/briliant.v9i2.1884.
[20] N. Huda, F. Habrizons, A. Satriawan, M. Iranda, and T. Pramuda, “Analisis Usability Testing Menggunakan Metode SUS (System Usability Scale) Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Shopee,” SIMKOM, vol. 8, no. 2, pp. 208–220, Aug. 2023, doi: 10.51717/simkom.v8i2.158.
[21] P. Angga Buana, A. Wicaksana, and S. Adinugroho, “Pengukuran Kegunaan dan Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Virtual Tour Reality dalam Meningkatkan Pengalaman Wisata,” Jurnal Algoritma, vol. 21, no. 2, Nov. 2024, doi: 10.33364/algoritma/v.21-2.1991.
[22] N. M. T. M, N. R. Oktadini, P. Putra, P. E. Sevtiyuni, and A. Meiriza, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Netflix Mobile di Kota Palembang Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, vol. 7, no. 1, pp. 155–164, Jan. 2024, doi: 10.32493/jtsi.v7i1.37833.
[23] P. Angga Buana, Y. A. Prasetyo, M. Muhsinin, M. S. Riza, A. M. Arif, and A. T. Prakoso, “User Satisfaction Evaluation of Meta AI Integration in WhatsApp: A Quantitative EUCS Approach,” Computer Engineering and Artificial Intelligence, vol. 1, no. 2, pp. 77–84, Dec. 2024, [Online]. Available: https://journal.redtechidn.org/index.php/itcea
[24] F. N. Faizah and Z. Zulfaturrohmaniyah, “GoFood Vs ShopeeFood: Manakah yang Menjadi Pilihan Generasi Z?,” Al-Tijary : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, vol. 7, no. 2, pp. 157–168, Mar. 2022, doi: 10.21093/at.v7i2.4801.
[25] Anisah Fadhilah and Tata Sutabri, “Analisis Pengukuran Kualitas Marketplace Shopee Menggunakan Metode Six Sigma pada PT. Shopee Internasional Indonesia,” Venus: Jurnal Publikasi Rumpun Ilmu Teknik , vol. 2, no. 6, pp. 96–104, Dec. 2024, doi: 10.61132/venus.v2i6.631.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Buana, P. A., Amaria, S. C., Lauda, E. A., & Rachma, H. (2025). ANALISIS KEGUNAAN DAN KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI SHOPEE FOOD DAN GO FOOD MENGGUNAKAN METODE SUS DAN EUCS. Indexia, 6(2), 81–91. https://doi.org/10.30587/indexia.v6i2.9251

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.