ANALISIS KEGUNAAN DAN KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI SHOPEE FOOD DAN GO FOOD MENGGUNAKAN METODE SUS DAN EUCS

  • Pratama Angga Buana Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Semarang
  • Sekar Cinta Amaria Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Semarang
  • Efa Arfin Lauda Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Semarang
  • Hetta Rachma Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan pengguna pada aplikasi Shopee Food dan Go Food menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dan End-User Computing Satisfaction (EUCS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua aplikasi memberikan pengalaman yang memuaskan bagi pengguna. Go Food sedikit lebih unggul dalam kemudahan dipelajari (Learnability, skor 4,26) dan ketepatan waktu layanan (Timeliness, skor 4,09), sementara Shopee Food memiliki keunggulan dalam kemudahan penggunaan (Ease of Use, skor 4,03). Uji korelasi Spearman menemukan hubungan yang sangat kuat antara kegunaan aplikasi dan kepuasan pengguna, dengan koefisien 0,85. Artinya, perbaikan dalam kegunaan aplikasi dapat meningkatkan kepuasan pengguna secara signifikan. Penelitian ini merekomendasikan agar Shopee Food fokus pada peningkatan pengelolaan kesalahan, sedangkan Go Food dapat memperbaiki tata letak antarmuka untuk memberikan layanan yang lebih baik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 30, 2025
How to Cite
BUANA, Pratama Angga et al. ANALISIS KEGUNAAN DAN KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI SHOPEE FOOD DAN GO FOOD MENGGUNAKAN METODE SUS DAN EUCS. Indexia, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 81-91, apr. 2025. ISSN 2657-0424. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/indexia/article/view/9251>. Date accessed: 10 may 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30587/indexia.v6i2.9251.