ANALISIS KEGUNAAN DAN KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI SHOPEE FOOD DAN GO FOOD MENGGUNAKAN METODE SUS DAN EUCS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan pengguna pada aplikasi Shopee Food dan Go Food menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dan End-User Computing Satisfaction (EUCS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua aplikasi memberikan pengalaman yang memuaskan bagi pengguna. Go Food sedikit lebih unggul dalam kemudahan dipelajari (Learnability, skor 4,26) dan ketepatan waktu layanan (Timeliness, skor 4,09), sementara Shopee Food memiliki keunggulan dalam kemudahan penggunaan (Ease of Use, skor 4,03). Uji korelasi Spearman menemukan hubungan yang sangat kuat antara kegunaan aplikasi dan kepuasan pengguna, dengan koefisien 0,85. Artinya, perbaikan dalam kegunaan aplikasi dapat meningkatkan kepuasan pengguna secara signifikan. Penelitian ini merekomendasikan agar Shopee Food fokus pada peningkatan pengelolaan kesalahan, sedangkan Go Food dapat memperbaiki tata letak antarmuka untuk memberikan layanan yang lebih baik
Downloads

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.