Hubungan Stimulasi Alat Permainan Edukatif Dengan Perkembangan Anak Pra Sekolah
Abstract
Stimulasi anak pada usia dini sangat penting untuk memaksimalkan proses tumbuh kembang anak yang diantaranya ada 4 indikator penting yaitu motorik halus, motorik kasar, bahasa dan personal social. Salah satu media yang paling efektif untuk melakukan stimulasi pada anak adalah dengan menggunakan alat permainan edukasi. Alat permainan edukasi sangat variatif dan fungsinya sangat ditentukan dari pendamping anak saat melakukan stimulasi. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan stimulasi alat permainan edukatif dengan perkembangan anak pra sekolah. Populasi penelitian ini adalah semua ibu yang memiliki anak prasekolah di Taman Pendidikan Anak Usia Dini Hidayatulloh Kota Blitar. Subjek penelitian diambil secara total sampling sejumlah 27 responden. Rancangan penelitian korelasional ini menggunakan pendekatan cross sectional. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar Kuesioner Pra- Skrining Perkembangan (KPSP). Analisis data menggunakan Spearman Rank. Hasil penelitian menemukan ada hubungan antara stimulasi alat permainan edukatif dengan perkembangan anak prasekolah (p value 0,728) dengan tingkat signifikasi (α 0,05). Saran untuk para orang tua agar rutin melakukan stimulasi tumbuh kembang dengan alat permainan edukasi yang sesuai dengan usia anak agar perkembangan anak dapat maksimal.