RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING DAN KONTROL OTOMATIS LAMPU LOBI KANTOR BERBASIS PHOTOCELL DAN TIMER SWITCH DI RSUD IBNU SINA KABUPATEN GRESIK

  • Masyhadi Irfan Alvin
  • Rini Puji Astutik

Abstract

Teknologi kendali otomatis untuk penghematan energi sudah tidak asing lagi dalam kehidupan sehari hari dalam masyarakat. Kelalaian dalam mematikan lampu adalah salah satu contoh pemborosan listrik yang sering terjadi pada institusi. Oleh karena itu, diperlukan alat kontrol yang dapat menyalakan dan mematikan lampu secara otomatis. Selain alat kontrol diperlukan juga alat monitoring penggunaan energi listrik untuk menghindari pemborosan energi listrik atau untuk menghindari kecelakaan karena penggunaan daya listrik yang berlebihan. Dalam hal ini  menggunakan sensor photocell dan timer switch pada sistem kontrol otomatis lampu dan monitoring penggunaan daya listrik menggunakan sensor PZEM-004, kemudian diolah oleh Node MCU ESP8266 untuk dihubungkan dan ditampilkan pada aplikasi Blynk yang bebasis android di smartphone menggunakan akses wifi. Diharapkan sistem kontrol otomatis dan monitoring tersebut dapat mengotrol penggunaan energi listrik listrik yang berlebih. Hasil dari pengukuran sensor PZEM-004T dapat disimpulkan bahwa sensor PZEM-004T sudah bekerja dengan baik. Hal itu dapat dibuktikan dengan membandingkan dengan menggunakan alat ukur clamp meter atau tang ampere. Nilai yang terukur oleh sensor PZEM-004T adalah 243 volt dan 3,9 amper sedangkan pada clamp meter adalah 241 volt dan 3,8 amper, yang berarti tingkat kesalahan pada pengukuran sensor arus PZEM-004T dibandingkan dengan clamp meter adalah 0,8% untuk tegangan (volt) dan 2,6% untuk arus (amper).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 16, 2023
How to Cite
IRFAN, Masyhadi; ASTUTIK, Rini Puji. RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING DAN KONTROL OTOMATIS LAMPU LOBI KANTOR BERBASIS PHOTOCELL DAN TIMER SWITCH DI RSUD IBNU SINA KABUPATEN GRESIK. E-Link: Jurnal Teknik Elektro dan Informatika, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 65-72, may 2023. ISSN 2656-5676. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/e-link/article/view/5355>. Date accessed: 21 june 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/e-link.v18i1.5355.
Section
Articles