MERANCANG MEDIA INTERAKTIF PANDUAN MENJALANKAN PUASA RAMADHAN PADA ANAK-ANAK USIA 4-6 TAHUN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY ENGINE

  • Andi Arief Universitas Harapan Medan
  • Herlina Harahap Universitas Harapan Medan
  • Yunita Sari Siregar Universitas Harapan Medan
  • Sarudin Sarudin Universitas Harapan Medan

Abstract

Puasa ramadhan puasa yang berakhir dalam satu bulan, yaitu menahan diri dari segala sesuatu seperti makan dan minum, perbuatan keji dan hal-hal yang dapat menggelincirkan seseorang dari fajar hingga senja. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi media interaktif pendidikan yang berbasis android yang dapat dikontrol dengan mudah oleh penguna dalam menyampaikan sebuah informasi menjalankan puasa Ramadhan dengan menyisipkan unsur belajar dan membimbing anak-anak dengan mengunakan smartphone android yang dirancang mengunakan unity engine. Metode dalam game digunakan dalam perancangan desain antarmuka yaitu metode Rapid Game Prototyping yaitu sebuah metode gabungan antara proses rekayasa prangkat lunak programan ekstream dan metode desain game. Hasilnya aplikasi media interaktif panduan menjalankan puasa Ramadhan yang berjalan di smartphone mengunakan sistem operasi android. Mempermudah anak dalam belajar dengan mengunakan android. Dari hasi kuisioner di sekolah TK mengenai aplikasi panduan menjalankan puasa yang menanyakan langsung kepada anak-anak diperoleh 72,55% dapat disimpulkan aplikasi bisa diterima oleh anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 27, 2022
How to Cite
ARIEF, Andi et al. MERANCANG MEDIA INTERAKTIF PANDUAN MENJALANKAN PUASA RAMADHAN PADA ANAK-ANAK USIA 4-6 TAHUN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY ENGINE. E-Link: Jurnal Teknik Elektro dan Informatika, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 76-85, nov. 2022. ISSN 2656-5676. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/e-link/article/view/4648>. Date accessed: 13 june 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/e-link.v17i2.4648.