Penerapan Penerapan Metode Perbandingan Eksponensial Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Generasi Milenial Islam

Metode Perbandingan Eksponensial Sistem Pendukung Keputusan

  • Annisa Putri Pratiwi UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
  • Liza Yulianti
  • Reno Supardi

Abstract

Pada sektor pendidikan, komputerisasi sangatlah diminati karena sangat mempermudah dalam berbagai kegiatan yang dilakukan. Pada sebuah kampus program beasiswa sangat membantu mahasiswa-mahasiswi yang berkuliah dikampus tersebut. Sistem Pendukung Keputusan merupakan sistem berbasis komputer yang interaktif yang membantu pengambilan keputusan memanfaatkan model untuk menyelesaikan masalah - masalah yang tak terstruktur dan semi testruktur.


                 Metode Perbandingan Eksponensial adalah metode yang digunakan untuk menentukan urutanprioritas alternatif keputusan dengan kriteria jamak, selain itu metode ini merupakan salah satu metode pengambilan keputusan yang mengkuantifikasikan pendapat seseorang atau lebih dalam skala tertentu pada konsepnya metode ini menggunakan perhitungan secara eksponensial, perbedaan nilai antara kriteria dapat dibedakan tergantung kepada kemampuan orang yang menilai.


                 Penerapan Metode Perbandingan Eksponensial dalam Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Generasi Milenial Islam (GERIMIS) pada kantor Baznas Provinsi Bengkulu akan dibuat menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic Net dengan menggunakan database SQL Server sebagai alat dalam penyimpanan hasil pengolahan data yang dapat digunakan oleh staff pada kantor Baznas Provinsi Bengkulu  dalam penginputan data calon penerima beasiswa tiap tahunnya berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, sehingga nantinya dapat mempermudah dalam penentuan penerima Beasiswa Generasi Milenial Islam (GERIMIS) tahun selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 2, 2024
How to Cite
PRATIWI, Annisa Putri; YULIANTI, Liza; SUPARDI, Reno. Penerapan Penerapan Metode Perbandingan Eksponensial Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Generasi Milenial Islam. E-Link: Jurnal Teknik Elektro dan Informatika, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 241-249, oct. 2024. ISSN 2656-5676. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/e-link/article/view/8290>. Date accessed: 28 oct. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/e-link.v19i2.8290.
Section
Articles