Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII Pada Pokok Bahasan Segitiga

  • Novi Rosidatul Aini Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Yulianistyowati Yulianistyowati SMP Negeri 2 Kencong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi
segitiga SMP Negeri 2 Kencong. Jenis penelitian adalah
penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian berjumlah
29 peserta didik. Instrument yang digunakan adalah tes dan
observasi. Rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik
pada awal tes diperoleh 23,56% meningkat menjadi 53,73%
pada siklus I dan 75,57% di siklus II. Karena presentase
kemampuan berpikir kreatif peserta didik meningkat dari
prasiklus, siklus I hingga siklus II maka dapat disimpulkan
kemampuan berpikir kreatif peserta didik menggunakan
model pembelajaran Problem Based Learning mengalami
peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 30, 2023
How to Cite
AINI, Novi Rosidatul; YULIANISTYOWATI, Yulianistyowati. Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII Pada Pokok Bahasan Segitiga. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 29, n. 2, p. 241-247, sep. 2023. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/6507>. Date accessed: 15 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6507.