Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII Pada Pokok Bahasan Segitiga

Authors

  • Novi Rosidatul Aini Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Yulianistyowati Yulianistyowati SMP Negeri 2 Kencong

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6507

Keywords:

Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif, Segitiga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi
segitiga SMP Negeri 2 Kencong. Jenis penelitian adalah
penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian berjumlah
29 peserta didik. Instrument yang digunakan adalah tes dan
observasi. Rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik
pada awal tes diperoleh 23,56% meningkat menjadi 53,73%
pada siklus I dan 75,57% di siklus II. Karena presentase
kemampuan berpikir kreatif peserta didik meningkat dari
prasiklus, siklus I hingga siklus II maka dapat disimpulkan
kemampuan berpikir kreatif peserta didik menggunakan
model pembelajaran Problem Based Learning mengalami
peningkatan.

References

Ahmadi, A. (2012). Metodik Khusus Pendidikan Agama (MKPA).

Aqib, Z. (2002). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Subaraya: Insan Cendekia.

Erliena, A. (2004). Beberapa Alternatif Pembelajaran di Sekolah Dasar. Malang: Bayumedia Publishing.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–162.

Sanjaya, W. (2009). STRATEGI PEMBELAJARAN Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto. (2015). Metodologi Penelitian & Inovasi Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Sriwongchai, A. (2015). Developing the Mathematics Learning Management Model for Improving Creative Thinking in Thailand. 8(11). https://doi.org/10.5539/ies.v8n11p77

Susanto, A. (2003). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Tussolihah, R. (2015). Pengembangan pembelajaran geometri berdasarkan teori van Hiele pada materi luas segitiga dan segiempat. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Voinea, M. (2014). Teacher’s professional identity in the 21st century Romania. Procedia-Social and Behavioral Sciences.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Aini, N. R., & Yulianistyowati, Y. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII Pada Pokok Bahasan Segitiga. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 241–247. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6507

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.