PENERAPAN HAZARD ANALYSIS AND CRITICAL CONTROL POINT (HACCP) DALAM PROSES PEMBUATAN BAKSO PADA KATERING Y DI KOTA MALANG

-

  • Silvy Novita Putri Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sugiyati Ningrum Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Vita Maulidah Putri Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Chusnul Chotimah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Jasa Katering yang banyak ditemukan di kota-kota besar terutama dikota Malang sangat membantu meringankan beban pekerjaan bagi masyarakat yang memiliki mobilisasi yang tinggi. Jasa katering Y di kota Malang Jawa Timur sangat diminati oleh konsumen karena menyediakan berbagai menu yang dapat memenuhi selera masyarakat. Salah satu menu yang terdapat pada katering Y yang banyak diminati oleh konsumen adalah bakso. Bakso memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi sehingga memiliki resiko keamanan yang perlu diperhatikan oleh jasa katering. HACCP merupakan suatu sistem pengendalian dan pengawasan keamanan yang dapat diterapkan oleh jasa katering Y di kota Malang untuk menjamin keamanan pangan konsumen. Sosialisasi penerapan HACCP di katering Y kota Malang bertujuan untuk menjamin keamanan pangan bagi konsumen. Metode yang digunakan dalam sosialisasi penerapan HACCP meliputi, ceramah bervariasi, demonstrasi, sesi tanya jawab, pelatihan dan evaluasi kegiatan. Hasil dari sosialisasi penerapan HACCP katering Y mendapatkan pengetahuan dan pelatihan mengenai lima persiapan dan tujuh langkan HACCP.


Kata Kunci:  Katering, HACCP, Bakso

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 1, 2023
How to Cite
PUTRI, Silvy Novita et al. PENERAPAN HAZARD ANALYSIS AND CRITICAL CONTROL POINT (HACCP) DALAM PROSES PEMBUATAN BAKSO PADA KATERING Y DI KOTA MALANG. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 329-338, sep. 2023. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/6240>. Date accessed: 17 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i3.6240.