PENDIRIAN KOMUNITAS AL QUR’AN SEBAGAI OPTIMASI KEGIATAN POSITIF PADA ANAK DI KELURAHAN PAKAL KECAMATAN PAKAL KOTA SURABAYA

Authors

  • Erwan Aristyanto Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Allen Pranata Putra Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Yuli Ermawati Universitas Wijaya Putra Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i1.4638

Keywords:

Dampak Pandemi, Kegiatan Positif, Komunitas Al Qur’an.

Abstract

Kondisi Pandemi Covid 19 ini banyak mempengaruhi dan mengancam berbagai sektor, salah satunya adalah sektor pendidikan. Memasuki era adaptasi kebiasaan baru atau new normal beberapa sektor sudah beraktifitas kembali dengan memperhatikan protokol kesehatan, namun dalam bidang pendidikan masih belum melakukan aktifitas seperti biasa dan masih menggunakan pembelajaran melalui daring. Semua jenjang pendidikan baik di tingkat dasar hingga perguruan tinggi harus terpaksa melakukan pembelajaran dari rumah melalui jaringan internet. Hal tersebut merupakan kebijakan dari Pemerintah melalui aturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kebijakan Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat  Penyebaran Virus Covid 19 di Indonesia. Berbagai media pembelajaran jarak jauh di gunakan dalam mendukung pembelajaran melalui internet agar proses belajar mengajar dapat di laksanakan dalam waktu yang bersamaan meskipun di tempat berbeda. Dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring menimbulkan dampak yang dirasakan baik dari pendidik, siswa maupun orang tua siswa terutama pada tingkat pendidikan dasar. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini  adalah memberikan solusi terhadap permasalahan mitra antaralain, kurangnya kegiatan positif pada anak yang sangat rawan terpapar dampak negatif penggunaan internet seperti kecanduan game online, pornografi dan permasalahan dalam bersosialisasi serta  keterbatasan pengetahuan orang tua dalam mendampingi siswa dalam belajar online, banyak orang tua yang tidak siap karena sudah di sibukkan dengan pekerjaan di luar rumah maupun di dalam rumah serta tertinggal secara teknologi. Metode yang digunakan adalah pendampingan personal terhadap mitra, tim pengabdian akan melakukan pendampingan dalam membangun komunitas Al Qur’an dengan memberikan motivasi baca serta melakukan pendampingan tentang penggunaan gadget/ teknologi untuk belajar online dengan bekerjasama dengan sesepuh, ustad/ustadzah daerah sekitar Kelompok sasaran kegiatan adalah anak – anak pra  sekolah dasar hingga  menengah pertama di Kelurahan Pakal Kecamatan Pakal Kota Surabaya. Kegiatan di laksanakan pada bulan April hingga Agustus 2021. Hasil dari pengabdian masyarakat ini bahwa prosentase kehadiran mampu meningkatkan efektifitas komunitas Qur’an bagi penguatan belajar anak – anak  pada Program Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Pakal Kecamatan Pakal Kota Surabaya.

 

Kata Kunci : Dampak Pandemi, Kegiatan Positif, Komunitas Al Qur’an

 

References

Arifah Prima Satrianingrum, Lis Prasetyo, 2021. Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid 19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi; Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 05 N0 01 Hal 633-640. Universitas Negeri Yogyakarta.
Eriandika Dewanto dkk, 2020. Pendampingan Belajar Bagi Anak Sekolah di masa Pandemi Covid .19 di Kecamatan Sukorame. Lapkknunnes . Universitas Negeri Semarang
Ivka Zuhrotun Najiha, 2015. Pembinaan Akhlakul Karimah Bagi Anak di TPQ Al Falah Desa Bakal Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto
Karen Hacker, 2013. Community Based Participatory Research. Institute for Community Health. Cambridge Health Allience. Harvard Medical School. USA SAGE Publication Inc.
Nora Afnita, Ismail Makki 2018. Membangun Komunitas Rumah Tahfidz Anak Untk Percepatan Program Magrib Mengaji. Annual Conference on Comunity Engagement.
Nuraini, 2018. Strategi Mengelola Rumah Tahfiz Aisyah Binjai Sumatera Utara DalamMenghafal Al Quran Bagi Para Santri. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Aristyanto, E., Putra, A. P., & Ermawati, Y. (2023). PENDIRIAN KOMUNITAS AL QUR’AN SEBAGAI OPTIMASI KEGIATAN POSITIF PADA ANAK DI KELURAHAN PAKAL KECAMATAN PAKAL KOTA SURABAYA. DedikasiMU : Journal of Community Service, 5(1), 40–48. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i1.4638

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.