MENUMBUHKAN NILAI KESALEHAN SOCIAL MAHASISWA MELALUI PENDIDIKAN PARTISIPATIF

Authors

  • Abdul Kholid Achmad Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Alfina Indah Wahyuni Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i2.3996

Keywords:

Kesalehan Sosial, Implementasi Al Ma’un, AKSIMU, Perdidikan Partisipatif

Abstract

Mahasiswa dapat menjalankan misi dakwah Muhammadiyah sebagai organsiasi social yang dikenal dengan teologi Al Ma’un, diperlukan pendekatan pembelajaran yang menggembirakan dan mencerdaskan melalui praktik nyata sehingga dapat menumbuhkan nilai kesalehan social mahasiswa sebagai wujud luaran dari pembelajaran Al Islam dan Kemummadiyahan. Adapun pendekatan yang digunakan dalam pengabdian adalah pendidikan partisipatif melalaui kegiatan sosialisasi, pendampingan pembuatan program dan kegiatan, serta melaksanakan makna Al Maun yang sebenar-benarnya dengan aksi nyata. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian yakni: (1) terimplementasikannya pemahaman surah Al Ma’un dalam bentuk aksi nyata (dakwah bil hal), (2) terinstitusionalisasikannya aksi social mahasiswa (AKSIMU), (3) pembelajaran AIK menghadirkan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan dalam ranah kognitif, psikomotik, afektif dan  independent critical thinking, (4) media dakwah institusi dan Persyarikatan, (5) kesadaran filantropy berkelanjutan.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Achmad, A. K., & Wahyuni, A. I. (2022). MENUMBUHKAN NILAI KESALEHAN SOCIAL MAHASISWA MELALUI PENDIDIKAN PARTISIPATIF. DedikasiMU : Journal of Community Service, 4(2), 227–234. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i2.3996

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.