MENUMBUHKAN NILAI KESALEHAN SOCIAL MAHASISWA MELALUI PENDIDIKAN PARTISIPATIF

  • Abdul Kholid Achmad Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Alfina Indah Wahyuni Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Mahasiswa dapat menjalankan misi dakwah Muhammadiyah sebagai organsiasi social yang dikenal dengan teologi Al Ma’un, diperlukan pendekatan pembelajaran yang menggembirakan dan mencerdaskan melalui praktik nyata sehingga dapat menumbuhkan nilai kesalehan social mahasiswa sebagai wujud luaran dari pembelajaran Al Islam dan Kemummadiyahan. Adapun pendekatan yang digunakan dalam pengabdian adalah pendidikan partisipatif melalaui kegiatan sosialisasi, pendampingan pembuatan program dan kegiatan, serta melaksanakan makna Al Maun yang sebenar-benarnya dengan aksi nyata. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian yakni: (1) terimplementasikannya pemahaman surah Al Ma’un dalam bentuk aksi nyata (dakwah bil hal), (2) terinstitusionalisasikannya aksi social mahasiswa (AKSIMU), (3) pembelajaran AIK menghadirkan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan dalam ranah kognitif, psikomotik, afektif dan  independent critical thinking, (4) media dakwah institusi dan Persyarikatan, (5) kesadaran filantropy berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 1, 2022
How to Cite
ACHMAD, Abdul Kholid; WAHYUNI, Alfina Indah. MENUMBUHKAN NILAI KESALEHAN SOCIAL MAHASISWA MELALUI PENDIDIKAN PARTISIPATIF. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 227-234, june 2022. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/3996>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i2.3996.
Section
Articles