PEMBUATAN DAN PEMBAGIAN HANDSANITIZER SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN COVID-19 DI KELURAHAN PABUWARAN, PURWOKERTO TIMUR, BANYUMAS

  • Abdul Wahid Universitas Jenderal Soedirman
  • Muh. Sulaiman Dadiono Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menyerang seluruh aspek kehidupan masyarakat di Indonesia termasuk Kelurahan Pabuwaran, Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas. Dengan terus meningkatnya jumlah pasien Covid-19 di Indonesia pada periode Januari – Februari 2021. Banyak masyarakat yang merasakan dampaknya, baik secara langsung maupun tidak langsung. Permasalahan Covid-19 tersebut mengakibatkan penurunan pendapatan masyarakat secara keseluruhan. Kondisi ini diperparah dengan rendahnya kesadaran masyarakat Pabuwaran akan pentingnya menjaga protokol kesehatan yaitu dengan memakai masker, mencuci tangan dan menggunakan handsanitizer. Maka dari itu kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pabuwaran akan pentingnya menjaga protokol kesehatan dengan kegiatan pembuatan handsanitizer dan pembagian handsanitizer. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah survey dan pendampingan langsung dengan melakukan pendekatan Partisipatory Rural Appraisal. Pembuatan handsanitizer dilakukan secara sederhana dengan menggunakan alkohol 96% di campur dengan air bersih perbandingan 1 :3 dan diberi pewangi. Pembagian handsanitizer dilakukan di sepanjang jalan Kelurahan Pabuwaran disertai dengan informasi akan pentingnya menjaga protokol kesehatan. Kegiatan pembuatan handsanitizer dan pembagian handsanitizer dapat meningkatkan pengetahuan sebagian masyarakat Kelurahan Pabuwaran tentang cara mudah membuat handsanitizer serta meningkatkan kesadaran masyarakat Pabuwaran terhadap pentingnya menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan handsanitizer sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 1, 2022
How to Cite
WAHID, Abdul; DADIONO, Muh. Sulaiman. PEMBUATAN DAN PEMBAGIAN HANDSANITIZER SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN COVID-19 DI KELURAHAN PABUWARAN, PURWOKERTO TIMUR, BANYUMAS. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 143-149, june 2022. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/3985>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i2.3985.
Section
Articles