Pemanfaatan Sumberdaya Desa Dan Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Instagram

Authors

  • Mohammad Ahyan YS Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sholicah Sholicah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Khrisna AM Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Wanda SA Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Twovinda R Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v1i1.1096

Keywords:

Produksi, packaging, Marketing

Abstract

Secara geogrfis, Desa prijekngablak terletak diwilayah kecamatan karanggeneng Kabupaten Lamongan. Disebelah utara berbatasan dengan Desa karangrejo, disebelah timur berbatasan dengan Desa njuwet, disebelah selatan berbatasan dengan desa karangrejo. Secara umum mata pencaharian warga desa prijekngablak adalah sebagai petani baik tambak maupun petani padi. Terletak berhadapan dengan sungai Bengawan solo. Desa prijekngablak memiliki jajanan khas yaitu kerupuk ladu dan Recek (Rengginang). Namun masyarakat masih kurang pemahaman akan produksi dan pemasaran yang baik dan dapat menarik minta konsumen. Sehingga masyarakat di wilayah lain kurang mengetahui informasi tentang jajanan khas Desa Prijekngablak. Jika hal tersebut tidak dikelola dengan baik maka akan berakibat bagi perkembangan bisnis ladu dan rengginang. Hasil dari program kerja yang diadakan oleh program studi Manajemen kelompok 09 dengan membantu masyarakat dalam hal Produksi, packaging, dan Marketing agar dapat membantu masyarakat dalam keberlangsungan bisnisnya. Dalam hal produksi, Recek (Rengginang) akan dimodifikasi menjadi rengginang mini yang diberi rasa-rasa di atasnya. Lalu untuk packaging, akan diberi kemasan yang lebih menarik yaitu K-Pack dan diberi stiker. Sedangkan untuk pemasaran, rengginang akan di jual melalui media sosial agar masyarakat luas.

References

Secara geogrfis, Desa prijekngablak terletak diwilayah kecamatan karanggeneng Kabupaten Lamongan. Disebelah utara berbatasan dengan Desa karangrejo, disebelah timur berbatasan dengan Desa njuwet, disebelah selatan berbatasan dengan desa karangrejo. Secara umum mata pencaharian warga desa prijekngablak adalah sebagai petani baik tambak maupun petani padi. Terletak berhadapan dengan sungai Bengawan solo. Desa prijekngablak memiliki jajanan khas yaitu kerupuk ladu dan Recek (Rengginang). Namun masyarakat masih kurang pemahaman akan produksi dan pemasaran yang baik dan dapat menarik minta konsumen. Sehingga masyarakat di wilayah lain kurang mengetahui informasi tentang jajanan khas Desa Prijekngablak. Jika hal tersebut tidak dikelola dengan baik maka akan berakibat bagi perkembangan bisnis ladu dan rengginang. Hasil dari program kerja yang diadakan oleh program studi Manajemen kelompok 09 dengan membantu masyarakat dalam hal Produksi, packaging, dan Marketing agar dapat membantu masyarakat dalam keberlangsungan bisnisnya. Dalam hal produksi, Recek (Rengginang) akan dimodifikasi menjadi rengginang mini yang diberi rasa-rasa di atasnya. Lalu untuk packaging, akan diberi kemasan yang lebih menarik yaitu K-Pack dan diberi stiker. Sedangkan untuk pemasaran, rengginang akan di jual melalui media sosial agar masyarakat luas.
Kata K

Downloads

Published

2019-12-04

How to Cite

YS, M. A., Sholicah, S., AM, K., SA, W., & R, T. (2019). Pemanfaatan Sumberdaya Desa Dan Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Instagram. DedikasiMU : Journal of Community Service, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v1i1.1096

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.