PENGARUH PEMBERIAN DOSIS BAHAN ORGANIK KOTORAN SAPI DAN DOSIS PUPUK NPK (151515) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT CERI (Lycopersicum esculentum Mill.)

  • Riana Intan Safitri UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK
  • Setyo Budi UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK
  • Wiharyanti Nur Lailiyah UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK

Abstract

Usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas tomat ceri yaitu dengan penggunaan bahan organik kotoran sapi dan pupuk NPK. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui interaksi antara perlakuan dosis bahan organik kotoran sapi dan pupuk NPK. Penelitian dilaksanakan di Lahan Bawean jenis tanah latosol, Teluk Jati, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-September 2022. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dengan 9 perlakuan. Variabel pengamatan meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah cabang, umur berbunga, bobot buah per tanaman, bobot buah per petak, bobot buah per hektar, jumlah buah per tanaman, jumlah buah per petak, dan jumlah buah per hektar. Data pengamatan yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis sidik ragam 5%. Apabila hasil pengujian diperoleh perbedaan nyata maka dilanjutkan dengan uji BNT 5%, dan Uji Korelasi. Dari hasil penelitian terdapat interaksi pemberian dosis bahan organik kotoran sapi 20 ton/ha dan pupuk NPK 375 kg/ha terhadap variabel pertumbuhan jumlah daun, jumlah cabang dan menunjukkan interaksi sangat nyata pada variabel hasil bobot buah per tanaman.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 28, 2023
How to Cite
SAFITRI, Riana Intan; BUDI, Setyo; LAILIYAH, Wiharyanti Nur. PENGARUH PEMBERIAN DOSIS BAHAN ORGANIK KOTORAN SAPI DAN DOSIS PUPUK NPK (151515) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT CERI (Lycopersicum esculentum Mill.). TROPICROPS (Indonesian Journal of Tropical Crops), [S.l.], v. 6, n. 1, p. 23-36, feb. 2023. ISSN 2615-7012. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tropicrops/article/view/5374>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tropicrops.v6i1.5374.
Section
Articles