Perancangan Perbaikan Bak Penampung Bobin pada Stasiun Palet di PT. Iskandar Indah Printing Textile untuk Mengurangi Tingkat Risiko Postur Kerja

  • Cyntia Nathania Universitas Sebelas Maret
  • Irwan Iftadi
  • Rahmaniyah Dwi Astuti

Abstract

Iskandar Indah Printing Textile adalah salah satu perusahaan tekstil yang mengolah bahan baku benang menjadi kain mentah (grey) yang kemudian meningkatkan jenis produksi berupa kain printing. Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh dugaan sementara bahwa pada stasiun palet terdapat postur kerja yang tidak ergonomis karena tidak menggunakan alat bantu. Penelitian ini bertujuan mengurangi tingkat risiko postur kerja tersebut dengan mengusulkan rancangan perbaikan alat bantu. Analisis level risiko postur dilakukan dengan menggunakan metode REBA, sehingga diperoleh aktivitas kerja yang memiliki nilai tertinggi yaitu mengambil bobin pada mesin palet. Kemudian dilakukan perancangan alat bantu menggunakan metode Ulrich dan Eppinger yang menghasilkan tiga alternatif konsep desain. Dari ketiga alternatif tersebut kemudian dipilih satu desain terbaik berdasarkan kriteria seleksi yaitu desain konsep kedua. Bak penampung yang terpilih adalah bak yang memiliki sistem penggerak manual menggunakan handling tangan, mekanisme berupa path linkage, serta ketinggian yang telah disesuaikan dengan mesin palet.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 31, 2020
How to Cite
NATHANIA, Cyntia; IFTADI, Irwan; ASTUTI, Rahmaniyah Dwi. Perancangan Perbaikan Bak Penampung Bobin pada Stasiun Palet di PT. Iskandar Indah Printing Textile untuk Mengurangi Tingkat Risiko Postur Kerja. MATRIK (Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi), [S.l.], v. 20, n. 2, p. 91 - 102, mar. 2020. ISSN 2621-8933. Available at: <http://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/1137>. Date accessed: 10 july 2020. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v20i2.1137.
Section
Articles