Pengembangan PENGEMBANGAN MEDIA BUKU PINTAR UNTUK KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL DENGAN KEGIATAN BERCERITA DI KELOMPOK A TKM NU 295 ROUDLOTUN NAFILAH GRIYA PEGANDEN ASRI

  • Musayyachah Musayyachah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berupa Buku Pintar untuk perkembangan keterampilan sosial emosional anak Kelompok A. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) 6 tahapanm, yaitu : 1) mengobservasi potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi produk, dan 6) ujicoba produk. Penelitian ini menggunakan angket untuk mengevaluasi kualitas media pembelajaran, respon anak, orangtua, guru dan kepala sekolah.validasi media pembelajaran dilakukan oleh dosen Jurusan PIAUD Universitas Muhammadiyah Gresik, dan diujicobakan pada anak Kelompok A di TKM NU 295 Roudlotun Nafilah Griya Peganden Asri. Hasil penelitian ini adalah produk media pembelajaran Buku Pintar untuk perkembangan sosial emosional anak kelompok A. Penilaian aspek kelayakan media pembelajaran memperoleh presentase sebesar 68,18% dengan kategori “Baik” sehingga layak di ujicobakan dan untuk respon anak peneliti mendapatkan skor 58 dan kelayakan produk sebesar 80,55% dengan kesimpulan hasil produk termasuk dalam kategori “Sangat Baik” atau media “buku pintar” layak digunakan sebagai media perkembangan sosial emosional anak di sekolah.


Kata kunci : media pembelajaran, buku pintar, bercerita, sosial emosional, Metode Research and Development

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 29, 2021
How to Cite
MUSAYYACHAH, Musayyachah. Pengembangan PENGEMBANGAN MEDIA BUKU PINTAR UNTUK KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL DENGAN KEGIATAN BERCERITA DI KELOMPOK A TKM NU 295 ROUDLOTUN NAFILAH GRIYA PEGANDEN ASRI. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 18-27, jan. 2021. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/2238>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v3i1.2238.