POLA ASUH ORANG TUA DAN PENGARUHNYA TERHADAP ANAK

  • Fitri Ayu Fatmawati UMG

Abstract

Mengasuh anak bisa dikatakan sebuah upaya orang tua dalam menciptakan suatu kepribadian pada diri anak. Dengan harapan kepribadian yang melekat pada diri anak tersebut merupakan yang terbaik sesuai harapan mereka. Tidak semua orang tua dapat mengasuh dengan baik menyesuaikan kondisi dan kemampuan anak. Tidak sedikit orang tua yang agak memaksakan kehendak mereka dimana hal itu tidak sejalan dengan harapan sang anak. Dan juga sebaliknya, tidak jarang kita temui orang tua yang mengasuh anaknya dengan tidak memberi batasan-batasan atau pun pengendalian terhadap kemauan anak secara wajar. Untuk memahami lebih lanjut tentang bagaimana cara pengasuhan yang sesuai untuk diimplementasikan terhadap anak mereka beserta dampak yang terjadi, pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai pengertian, bentuk-bentuk pola asuh, dan pengaruhnya terhadap anak.


 


Keyword: Pola Asuh, Anak Usia Dini.


 


Abstract


Parenting a child can be said to be an attempt by parents to create a personality within the child. With the hope that the inherent personality of the child is the best according to their expectations. Not all parents can take good care of adjusting the conditions and abilities of children. Not a few parents who rather force their will where it is not in line with the expectations of the child. And vice versa, it is not uncommon for us to meet parents who care for their children by not giving restrictions or controlling the child's will naturally. To understand more about how appropriate care is implemented for their children and the impacts that occur, this article will explain the understanding, forms of care, and their effects on children.


 


Keyword: Parenting, Early Childhood.


 


 



Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 29, 2020
How to Cite
FATMAWATI, Fitri Ayu. POLA ASUH ORANG TUA DAN PENGARUHNYA TERHADAP ANAK. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 7-14, july 2020. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/1589>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v1i1.1589.
Section
Articles