Analisis Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Media Gambar Seri Siswa Sekolah Dasar

  • Nanang Khoirul Umam Universitas Muhmmadiyah Gresik
  • Afrida Rahmanda Firdausa Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dan kesulitan yang dihadapi siswa kelas III dalam keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan media gambar seri di UPT SD Negeri 119 Gresik. Untuk metode analisis data menggunakan dekriptif kualitatif sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, lembar tes keterampilan menulis karangan deskripsi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata nilai keterampilan menulis karangan deskripsi siswa yaitu 78,8 dengan kategori baik. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya 14 siswa yang sudah mampu mencapai nilai KKM yang telah ditentukan. Untuk kesulitan yang dihadapi siswa yaitu (a) siswa masih binggung dalam memulai menulis sebuah karangan (b) kesulitan merangkai kata menjadi sebuah kalimat yang saling berkaitan dan (c) masih ada siswa yang belum bisa membaca

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 19, 2022
How to Cite
UMAM, Nanang Khoirul; FIRDAUSA, Afrida Rahmanda. Analisis Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Media Gambar Seri Siswa Sekolah Dasar. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 28, n. 2, p. 42-48, sep. 2022. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/4377>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4377.