SOSIALISASI PEMBUKUAN SEDERHANA DAN PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK PADA UMKM DESA BETOYOGUCI
Abstract
Keberadaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi sangat penting. Demikian juga di Indonesia, UMKM mewakili hampir seluruh unit usaha di berbagai sektor ekonomi yang hidup dalam perekonomian kita, karena jumlahnya amat banyak dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh pelaku UMKM adalah terkait dengan pengelolaan dana. Tantangan lain yang dihadapi UMKM sehingga dapat mengganggu perkembangannya yaitu kesulitan UMKM untuk menentukan harga pokok penjualan dan harga jual yang tepat nantinya dapat mempengaruhi keuntungan dan keberlangsungan usaha mereka. pelaku UMKM masih banyak yang belum mampu mengelola keuangan dan memperbesar usahanya serta menentukan harga jual produk yang baik. Hal ini yang terjadi pada UMKM di desa Betoyoguci, oleh karena itu perlu adanya pembinaan bagi pelaku UMKM dalam hal pembukuan agar usaha yang dijalankan lebih berkembang sehingga dapat diketahui laba bersih serta perlunya adanya sosialisasi cara menentukan harga jual produk agar harga jual tidak ketinggian atau terlalu rendah