PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK

  • Man Arfa Ladamay

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Peranan Pendidikan Pancasila dalam
Pembinaan Karakter Mahasiswa di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik.
Penelitian ini menerapkan jenis metode penelitian kualitatif dengan memokuskan pembahasan
mengenai peran pendidikan Pancasila dalam pembinaan karakter mahasiswa Unmuh Gresik.
Berdasarkan tujuan penelitian, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah interview (wawancara), observasi, dan dokumentasi, atau gabungan ketiganya
(trangulasi).Proses analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini didasarkan pada prosedur
analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu 1) data reduction (reduksi
data), 2) data display (penyajian data), 3) conclution drawing/verification (penerikan
kesimpulan/verifikasi). Disimpulkan bahwa proses pembelajaran yang ada telah berlangsung
sesuai dengan ketentuan kurikulum KKNI. Berkaitan dengan kondisi karakter mahasiswa
istiqomah membangun karakter diri berdasarkan nilai kepribadian bangsa Indonesia yang
Pancasilais, namun tetap konsisten terdapat pengamalan ajaran agama Islam. Peranan
Pendidikan Pancasila sebagai ilmu yang tidak sekedar melakukan tranformasi ilmu
pengatahuan, melaikan lebih mengedepankan dan mengutamakan proses internalisasi nilai
Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan sosial yang bersifat universal,
kemunian diinterpretasikan dalam konteks keindonesiaan, menjadi faktor yang ikut
menentukan keberhasilan pembinaan karakter mahasiswa fakultas agama Islam Unmuh Gresik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 28, 2018
How to Cite
LADAMAY, Man Arfa. PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 115-134, nov. 2018. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/702>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.702.