THE INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA ON IMPULSIVE BUYING
DOI:
https://doi.org/10.30587/psikosains.v19i2.8413Keywords:
social media, impulse buyingAbstract
Background: There has been an increase in internet usage and e-commerce users in early 2021. Objective: to determine the effect of social media on impulsive buying. Method: using quantitative correlational methodology. Subjects were 330 respondents, Pearson product moment correlation analysis. Result: coefficient value of 0.448, significance value of 0.001. Social media has a significant effect on impulsive buying with an explained variance of 0.200 (20%). Conclusion: social media has an effect on impulsive buying
References
Admin. 2023. Marak Fenomena Belanja Online, Bagaimana Agar Tidak Terjebak Impulsive Buying. Generali. https://www.generali.co.id/id/healthyliving/healthy-wealth/marak-fenomena-belanja-online-bagaimana-agar-tidak-terjebak-impulsive-buying. (1 Maret 2024)
Aprianda, R., & Siregar, E. H. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Impulse Buying Pada Generasi Z (Pengguna E-Commerce Shopee)”. Library of IPB University
Azwar, Saifuddin. 2018. Metode Penelitian Psikologi Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Batee, M. M. (2019). Pengaruh media Sosial terhadap keputusan pembelian di toko kaos Nias Gunungsitoli. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah (Jesya), 2(2), 313-324. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.108
Deborah, I., Oesman, Y. M., & Yudha, R. T. B. (2022). Media sosial dan perilaku pembelian impulsif: Peran motivasi belanja hedonis dan orientasi belanja. Jurnal Manajemen Maranatha, 22(1), 65-82, doi: 10.28932/jmm.v22i1.5450
Henrietta, P. (2012). Impulsive Buying pada Dewasa Awal di Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 11(2), 6. https://doi.org/10.14710/jpu.11.2.6
Husnain, M., Rehman, B., Syed, F., & Akhtar, M. W. (2019). “Personal and In-Store Factors Influencing Impulse Buying Behavior among Generation Y Consumers of Small Cities.” Business Perspectives and Research, 7(1), 92-107, https://doi.org/10.1177/2278533718800625.
Indah, Astrid Veranita. 2021. “Panic Buying Konsumerisme Masyarakat Indonesia di Tengah Pandemi COVID-19 Perspektif Psikoanalisis Jacques Lacan”. Jurnal Filsafat. Vol. 31 (1). hal. 24-48
Jatmiko, L D., 2020, APJII: 196,7Juta Warga Indonesia Sudah Melek Internet, URL : APJII: 196,7 Juta Warga Indonesia Sudah Melek Internet (bisnis.com), diakses pada 21 Agustus 2024
Mariah, M., & Dara, S. R. (2020). Pengaruh inovasi produk, social media marketing dan citra merek terhadap minat berkunjung wisatawan dan dampaknya terhadap impulsive buying pada sektor UMKM kerajinan tanah liat di desa wisata gerabah Kasongan Yogyakarta. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 73. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.375
Priyambodo, Utomo. 2022. Menelisik Perilaku Konsumsi Impulsif dan Dampaknya terhadap Lingkungan. National Geographic. https://nationalgeographic.grid.id/read/133615571/menelisik-perilaku-konsumsi-impulsif-dan-dampaknya-terhadap-lingkungan?page=all#google_vignette. (1 Maret 2024)
Purnomo, Albert Kurniawan. (2017). “Pengaruh Cafe Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Gen Y Pada Old Bens Cafe.” Jurnal Manajemen Maranatha, 16 (2), 133-212. https://doi.org/10.28932/jmm.v16i2.384.
Putri, F. R. C. & Artanti, Y. (2022). “Pembelian Impulsif pada Marketplace: Pengaruh Personality, Price Discount dan Media Sosial”. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1 (5), 509-522, https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i5.59
Santrock, J. W. (2002). Psikologi Perkembangan, jilid 2. Jakarta: Erlangga
Solihat, N. A. & Arnasik, S. (2018). “Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi.” Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 141-152, https://doi.org/10.23969/oikos.v2i1.915
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, KUalitatif, dan R&D Edisi 29. Bandung: Alfabeta
Usmadi. 2020. “Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas”). Inovasi Pendidikan. Vol. 7 (1). Hal. 50-62 DOI: 10.31869/ip.v7i1.2281
Ulya F. N. & Djumena, E. 2021. Riset: Masyarakat Lebih Banyak Belanja Online Dibanding Offline. https://money.kompas.com/read/2021/10/22/211000926/riset--masyarakat-lebih-banyak-belanja-online-dibanding-offline. (1 maret 2024)
Venia, M., Marzuki, F., Yuliniar. 2021. “Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Impulse Buying (Studi Kasus pada Generasi Z Pengguna E-Commerce)”. Prosiding Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. Vol. 2. Hal. 929-941
Yusniar (2021). “Fenomena Impulse Buying (Pembelian Tidak Terencana) pada Praktik Belanja Online Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Syariah”. Jurnal Keagamaan dan ilmu social. Vol 6 (2). Hal. 99-121
Aprianda, R., & Siregar, E. H. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Impulse Buying Pada Generasi Z (Pengguna E-Commerce Shopee)”. Library of IPB University
Azwar, Saifuddin. 2018. Metode Penelitian Psikologi Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Batee, M. M. (2019). Pengaruh media Sosial terhadap keputusan pembelian di toko kaos Nias Gunungsitoli. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah (Jesya), 2(2), 313-324. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.108
Deborah, I., Oesman, Y. M., & Yudha, R. T. B. (2022). Media sosial dan perilaku pembelian impulsif: Peran motivasi belanja hedonis dan orientasi belanja. Jurnal Manajemen Maranatha, 22(1), 65-82, doi: 10.28932/jmm.v22i1.5450
Henrietta, P. (2012). Impulsive Buying pada Dewasa Awal di Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 11(2), 6. https://doi.org/10.14710/jpu.11.2.6
Husnain, M., Rehman, B., Syed, F., & Akhtar, M. W. (2019). “Personal and In-Store Factors Influencing Impulse Buying Behavior among Generation Y Consumers of Small Cities.” Business Perspectives and Research, 7(1), 92-107, https://doi.org/10.1177/2278533718800625.
Indah, Astrid Veranita. 2021. “Panic Buying Konsumerisme Masyarakat Indonesia di Tengah Pandemi COVID-19 Perspektif Psikoanalisis Jacques Lacan”. Jurnal Filsafat. Vol. 31 (1). hal. 24-48
Jatmiko, L D., 2020, APJII: 196,7Juta Warga Indonesia Sudah Melek Internet, URL : APJII: 196,7 Juta Warga Indonesia Sudah Melek Internet (bisnis.com), diakses pada 21 Agustus 2024
Mariah, M., & Dara, S. R. (2020). Pengaruh inovasi produk, social media marketing dan citra merek terhadap minat berkunjung wisatawan dan dampaknya terhadap impulsive buying pada sektor UMKM kerajinan tanah liat di desa wisata gerabah Kasongan Yogyakarta. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 73. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.375
Priyambodo, Utomo. 2022. Menelisik Perilaku Konsumsi Impulsif dan Dampaknya terhadap Lingkungan. National Geographic. https://nationalgeographic.grid.id/read/133615571/menelisik-perilaku-konsumsi-impulsif-dan-dampaknya-terhadap-lingkungan?page=all#google_vignette. (1 Maret 2024)
Purnomo, Albert Kurniawan. (2017). “Pengaruh Cafe Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Gen Y Pada Old Bens Cafe.” Jurnal Manajemen Maranatha, 16 (2), 133-212. https://doi.org/10.28932/jmm.v16i2.384.
Putri, F. R. C. & Artanti, Y. (2022). “Pembelian Impulsif pada Marketplace: Pengaruh Personality, Price Discount dan Media Sosial”. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1 (5), 509-522, https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i5.59
Santrock, J. W. (2002). Psikologi Perkembangan, jilid 2. Jakarta: Erlangga
Solihat, N. A. & Arnasik, S. (2018). “Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi.” Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 141-152, https://doi.org/10.23969/oikos.v2i1.915
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, KUalitatif, dan R&D Edisi 29. Bandung: Alfabeta
Usmadi. 2020. “Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas”). Inovasi Pendidikan. Vol. 7 (1). Hal. 50-62 DOI: 10.31869/ip.v7i1.2281
Ulya F. N. & Djumena, E. 2021. Riset: Masyarakat Lebih Banyak Belanja Online Dibanding Offline. https://money.kompas.com/read/2021/10/22/211000926/riset--masyarakat-lebih-banyak-belanja-online-dibanding-offline. (1 maret 2024)
Venia, M., Marzuki, F., Yuliniar. 2021. “Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Impulse Buying (Studi Kasus pada Generasi Z Pengguna E-Commerce)”. Prosiding Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. Vol. 2. Hal. 929-941
Yusniar (2021). “Fenomena Impulse Buying (Pembelian Tidak Terencana) pada Praktik Belanja Online Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Syariah”. Jurnal Keagamaan dan ilmu social. Vol 6 (2). Hal. 99-121
Downloads
Published
2024-11-07
How to Cite
Puspitadewi, N. W. S., & Fadhilah, F. (2024). THE INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA ON IMPULSIVE BUYING. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 19(2), 241–248. https://doi.org/10.30587/psikosains.v19i2.8413
Issue
Section
Original Research