Gambaran Kreativitas Guru Paud Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran

Authors

  • Nova Auliyatul Faizah Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/psikosains.v15i2.4535

Keywords:

Kreativitas, Guru PAUD, Pengembangan Media Pembelajaran

Abstract

Kreativitas guru PAUD merupakan kemampuan yang dimiliki oleh guru dalam menciptakan model baru dalam pembelajaran sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujun untuk mengetahui latar belakang subjek dan mengetahui gambaran kreativitas guru PAUD dalam pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Subjek penelitian ini sebanyak 3 orang masing-masing adalah guru kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara dengan pedoman umum dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa guru yang kreatif adalah guru yang mampu mengembangkan media pembelajaran melalui perancangan, pembuatan dan evaluasi media pembelajaran yang dilihat dari ciri-ciri guru kreatif.

References

Alfina, A. (2016). Guru Humanis Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal CARE Edisi Khusus Temu Ilmiah (Online), 03(3): 58-66, (http://e- journal.unipma.ac.id), diakses 17 November 2018.
Eliyawati, C & Zaman, B. 2010. Bahan Ajar Pendidikan Profesi Guru (PPG): Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Fajar, Y,W. Nisa’, T,W. (2016). Strategi Pengembangan Kreativitas Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran. Jurnal PG-PAUD: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Anak Usia Dini, (Online), 3(2): 118-127 (http://journal.trunojoyo.ac.id), diakses 01 November 2018.
Kurniawan, H. (2016). Sekolah Kreatif : Sekolah Kehidupan yang Menyenangkan untuk Anak. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Maemunah, S. (2015). Kreativitas Guru Paud Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Bahan Alam. Majalah Ilmiah Pawiyatan, (Online), 22(03): 45-56, (http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/420), diakses 25 Oktober 2018.
Maulipaksi, D. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini Penting Bagi Generasi Bangsa. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/08/pendidikan-anak- usia-dini-penting-bagi-generasi-bangsa), diakses pada tanggal 25 Oktober 2018).
Mulyana, A,Z. (2010). Rahasia Menjadi Guru Hebat. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. (online), (http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud137-2014StandarNasionalPAUD), diakses 06 Januari 2019.
Sari, A,S. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Untuk Menjadi Guru Yang Inspiratif, Kreatif dan Inovatif. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Yogyakarta.
Satori, D., Kartadinata, S., Yusuf, S., Makmun, A. (2015). Profesi Keguruan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2022-09-07

How to Cite

Faizah, N. A. (2022). Gambaran Kreativitas Guru Paud Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 15(2), 143–152. https://doi.org/10.30587/psikosains.v15i2.4535

Issue

Section

Original Research