MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DI ERA DIGITAL DI MADRASAH ALIYAH (MA) IHYAUL ISLAM DESA BOLO, UJUNGPANGKAH, GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.30587/prosidingkkn.v2i1.9768Abstract
Dunia digital membawa perubahan besar dalam banyak aspek kehidupan, termasuk dunia kewirausahaan. Revolusi digital telah mengubah lanskap bisnis dan menciptakan peluang-peluang baru untuk dimanfaatkan Generasi muda dalam berwirausaha. Setelah menyelesaikan pendidikan pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA/Sederajat) diharapkan untuk tidak lagi hanya mencari pekerjaan tetapi dapat menciptakan lapangan pekerjaan secara mandiri. Dengan kemajuan teknologi, generasi muda memiliki kesempatan baru untuk mendirikan bisnis berbasis digital. Namun, masalah seperti kurangnya literasi digital, kurangnya keterampilan teknis, dan kurangnya dukungan lingkungan masih menghalangi siswa untuk mengembangkan semangat kewirausahaan. Berkaitan dengan upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan maka kegiatan ini bertujuan untuk siswa Madrasah Aliyah (MA) Ihyaul Islam Desa Bolo, Ujungpangkah, Gresik, termotivasi dan menumbuhkan pola pikir kewirausahaan dikalangan Gen Z untuk menjadi entrepreneur yang sukses di era digital. Kegiatan ini menggunakan interaksi, studi kasus, dan sosialisasi. Mereka juga melakukan praktik langsung terkait konsep bisnis digital, strategi pemasaran online, dan tantangan dan peluang kewirausahaan digital. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa sangat menyukai bisnis digital. Namun, beberapa hambatan masih ada. Ini termasuk keterbatasan akses ke perangkat digital, kurangnya pengalaman dalam menjalankan bisnis secara nyata, dan kurangnya dukungan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, untuk membekali siswa dengan keterampilan yang diperlukan dalam dunia bisnis digital, diperlukan program pelatihan yang berkelanjutan dan pendampingan yang lebih intensif. Dengan dukungan yang tepat, madrasah dapat berfungsi sebagai wadah strategis untuk menghasilkan generasi muda yang inovatif, dan berdaya saing di era komputer dan internet.