Psikoedukasi Motorik, Komunikasi, Serta Kecerdasan Pada Anak Usia Pra Sekolah Melalui Sekolah Orang Tua Hebat BKB Sedap Malam Kelurahan Bedilan

  • Umaimah Umaimah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Noviatul Rochmah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Paulina Paulina Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ramadani Nur Cholis Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Adinda Regita Pramesthi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Muhammad Efendi Waluyo Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Kelurahan Bedilan menyimpan begitu banyak jejak sejarah masa silam. Bisa dibilang, kawasan itulah cikal bakal Kota Giri. Lokasinya yang berada langsung di kawasan pelabuhan membuat Bedilan berkembang lebih dulu daripada daerah-daerah sekitar. Bukti peradaban masa lampau tersebut tergambar dari banyaknya situs bangunan kuno khas yang berdiri hingga sekarang. Menariknya, corak bangunan kuno merupakan akulturasi budaya Belanda, Jawa, Arab, dan Tiongkok.
Kelurahan Bedilan memiliki lembaga pendidikan berupa dua sekolah dengan satu sekolah berada di tingkat dasar dan satu lagi berada di tingkat menengah atas untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam melaksanakan program KKN di Kelurahan Bedilan, kami melakukan pemberdayaan terhadap orang tua yang saat ini berpartisipasi terhadap sekolah orang tua hebat yang dilaksanan oleh pemerintah. Dalam program yang diberikan oleh mahasiswa KKN Program Studi Psikologi dengan melakukan psikoedukasi terhadap perkembangan motorik kasar,motorik halus,serta komunikasi aktif dan pasif terhadap perkembangan anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 3, 2024
How to Cite
UMAIMAH, Umaimah et al. Psikoedukasi Motorik, Komunikasi, Serta Kecerdasan Pada Anak Usia Pra Sekolah Melalui Sekolah Orang Tua Hebat BKB Sedap Malam Kelurahan Bedilan. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 15-19, june 2024. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/7786>. Date accessed: 03 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i2.7786.
Section
Articles