LESTARIKAN KEBUDAYAAN MASA LAMPAU DENGAN PENGENALAN PERMAINAN TRADISIONAL DI UPT SD NEGERI 268 GRESIK

Authors

  • Maulidiyah Wardhini Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Anissa Fitriani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ahmad Faishol Amiruddin Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ulfiatur Rosyidah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Moh Agung Surianto Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/prosidingkkn.v2i1.8889

Abstract

Untuk meningkatkan pemahaman dan pengenalan anak pada kebudayaan masa lampau, perlu adanya sisipan mengenai permainan tradisional. Usaha dalam pengenalan permainan tradisional salah satunya dengan pengimplementasian secara langsung mengenai penggunaan dan tata cara bermain permainan tradisional. Ada banyak permainan tradisional yang terdapat disekitar, contohnya adalah permainan egrang batok, engklek, lompat tali, neker, dakon, dan benteng-bentengan. Tujuan dari pengenalan permainan tradisional tersebut adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan anak melalui permainan tradisonal, selain itu melatih motorik anak melalui permainan. Pengabdi menerapkan kegiatan tersebut pada peserta didik di UPT SDN 268 Gresik Desa Sedagaran Kecamatan Sidayu yang berjumlah 140 peserta didik. Adapun teori yang digunakan pada pengabdian ini adalah theoretical dan practical. Dengan adanya kegiatan ini, pengabdi berharap peserta didik UPT SDN 268 Gresik dapat terus melestarikan permainan tradisional dengan terus memainkannya diwaktu senggang dan melupakan gadget. Selain itu, pengabdi juga berharap peserta didik juga bisa menerapkannya dikehidupan yang akan dating sehingga generasi yang akan dating tidak kehilangan budaya warisan.

Downloads

Published

2024-12-05

How to Cite

Wardhini, M., Fitriani, A., Faishol Amiruddin, A., Rosyidah, U., & Surianto, M. A. (2024). LESTARIKAN KEBUDAYAAN MASA LAMPAU DENGAN PENGENALAN PERMAINAN TRADISIONAL DI UPT SD NEGERI 268 GRESIK. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Kuliah Kerja Nyata, 2(1). https://doi.org/10.30587/prosidingkkn.v2i1.8889

Issue

Section

Articles