SOSIALISASI STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM MELALUI MEDIA SOSIAL DI DESA SROWO, KECAMATAN SIDAYU, KABUPATEN GRESIK
Abstract
Pelaku UMKM di desa Srowo ini yang menjadi pemicu masalah dalam penjualan
produk, yakni adanya keinginan pelaku untuk menyebarluaskan penjualan ke luar
negeri agar dapat dikenal seluruh Negara. Maka dari itu untuk memajukan produk
Kerupuk Srowo agar lebih luas pasarannya dan meningkatkan penjualan UMKM,
pelaku UMKM perlu dibekali ilmu dan wawasan mengenai media sosial sebagai alat
promosi dan jual beli. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi.
Hasilnya menunjukkan bahwa kegiatan produksi kerupuk ikan yang di lakukan di Desa
Srowo terbagi menjadi beberapa tahapan, meliputi: tahap pengamatan, tahap
wawancara, tahap dokumentasi, dan tahap mendesai produk, tahapan pemasaran
melalusi vidio promosi (tiktok shop). yang dilakukan sebagian besar telah sesuai dengan
prinsip syariat islam mulai dari bahan baku, modal usaha, penggunaan peralatan
produksi, pengelolahan limbah, manfaat dan maslahah dari kegiatan produksi,
perlindungan Sumber Daya Alam dan Motivasi untuk beribadah kepada Allah SWT.
Penelitian ini mengusulkan sosialisasi sebagai langkah awal untuk perubahan
pemahaman pada pelaku UMKM serta adanya pembuatan video promosi sebagai
bentuk pengenalan tambahan produk kerupuk Srowo. Dengan menerapkan edukasi
pemasaran UMKM Desa Srowo dapat meningkatkan omset penjualan produk kerupuk
mereka di pasar global (luar negeri).