Sosialisasi Pembuatan Lilin Aromaterapi Dari Minyak Jelantah

  • Zainal Mustakim Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Benny arif Pambudiarto Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Dewi Zulia Syafitri Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Mohammad Bukhari Alfarohi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Syaiful Syaiful Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di Kelurahan Lumpur, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik adalah adanya potensi limbah rumah tangga desa yang belum dimanfaatkan dengan baik. Hal ini disebabkan kurangnya keterampilan dalam mengelola potensi bahan alami dan limbah rumah tangga desa. Program Kuliah Kerja Nyata ini bertujuan untuk memberikan solusi dengan memanfaatkan potensi bahan alami yaitu limbah rumah tangga yang dimiliki desa yaitu minyak jelantah sisa penggorengan. Selain itu, program ini juga bertujuan meningkatkan kemampuan warga dalam menciptakan ekonomi kreatif dengan
memanfaatkan potensi alam di desanya. Kegiatan pengabdian yang dilakukan tim KKN TEMATIK UMG Kelompok 28 di Kelurahan Lumpur menggunakan beberapa pendekatan, yaitu: (1) berbasis kelompok, (2) bersifat komprehensif, dan (3) berbasis pemanfaatan potensi alam lokal. Kegiatan ini menggunakan dua metode, yaitu (1) metode partisipasi, yaitu tim pengabdian melakukan partisipasi aktif serta melakukan pemberdayaan Masyarakat dalam pelatihan pembuatan lilin aromaterapi; dan (2) metode audio-visual, yaitu memanfaatkan video sebagai sarana pelatihan dan sosialisasi kegiatan. Program Kuliah Kerja Nyata ini diawali dengan mengadakan pelatihan pembuatan lilin aromaterapi dengan memanfaatkan minyak jelantah yang ada di lingkungan Kelurahan Lumpur. Kegiatan ini memberikan manfaat langsung terhadap kehidupan masyarakat di bidang sosial dan ekonomi melalui ekonomi kreatif. Selain itu, kegiatan ini juga meningkatkan kualitas sumber daya Masyarakat melalui pemberdayaan ibu-ibu RT di Kelurahan Lumpur.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 20, 2024
How to Cite
MUSTAKIM, Zainal et al. Sosialisasi Pembuatan Lilin Aromaterapi Dari Minyak Jelantah. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 194-197, june 2024. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/7909>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i2.7909.
Section
Articles