PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI SOSIAL MEDIA UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI DI MASA PANDEMI DI DESA PINGGIR KECAMATAN BALONGPANGGANG KABUPATEN GRESIK
Abstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu yang paling terdampak pandemi Covid19. Tujuan kegiatan KKN ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan menambah maupun membuka atau memperluas peluang pasar dalam melakukan pemasaran produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui sosial media atau E-Commerce yang terkena dampak pandemi Covid-19. Para pelaku UMKM di masa pandemi COVID-19 dapat memaksimalkan penjualannya dengan menggunakan sosial media maupun media online dan pelanggan dapat menilai produk yang dibeli dengan memberikan penilaian untuk meningkatkan penjualan sehingga dikenal luas oleh masyarakat. Fenomena produk UMKM memiliki kendala dalam hal pemasaran sehingga banyak produk yang tidak laku, penggunaan strategi pemasaran tradisional yang belum menjangkau pangsa pasar yang luas dan penurunan pendapatan yang signifikan selama masa pandemi Covid-19 yang berdampak pada rendahnya ketahanan ekonomi pelaku UMKM.