PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI SOSIAL MEDIA UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI DI MASA PANDEMI DI DESA PINGGIR KECAMATAN BALONGPANGGANG KABUPATEN GRESIK

Authors

  • Ika Risky Nurfadilah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Rachma Avira Noviani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • A.Faris Qusyairi Hariyanto Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Syaiful Syaiful Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i1.6655

Keywords:

UMKM, pemasaran

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu yang paling terdampak pandemi Covid19. Tujuan kegiatan KKN ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan menambah maupun membuka atau memperluas peluang pasar dalam melakukan pemasaran produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui sosial media atau E-Commerce yang terkena dampak pandemi Covid-19. Para pelaku UMKM di masa pandemi COVID-19 dapat memaksimalkan penjualannya dengan menggunakan sosial media maupun media online dan pelanggan dapat menilai produk yang dibeli dengan memberikan penilaian untuk meningkatkan penjualan sehingga dikenal luas oleh masyarakat. Fenomena produk UMKM memiliki kendala dalam hal pemasaran sehingga banyak produk yang tidak laku, penggunaan strategi pemasaran tradisional yang belum menjangkau pangsa pasar yang luas dan penurunan pendapatan yang signifikan selama masa pandemi Covid-19 yang berdampak pada rendahnya ketahanan ekonomi pelaku UMKM.

Downloads

Published

2023-10-27

How to Cite

Nurfadilah, I. R., Noviani, N. R. A., Hariyanto, A. Q., & Syaiful, S. (2023). PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI SOSIAL MEDIA UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI DI MASA PANDEMI DI DESA PINGGIR KECAMATAN BALONGPANGGANG KABUPATEN GRESIK. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Kuliah Kerja Nyata, 1(1), 309–312. https://doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i1.6655

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.