Peningkatan Minat Berwirausaha Melalui Sosialisasi Gerakan Ayo Berwirausaha Dengan Pendekatan Community Based Research Pada Anak Sekolah Dasar Di UPT SD Negeri 2 Gresik Kelurahan Karangturi
Abstract
Perkembangan wirausaha saat ini terus mengalami berbagai perubahan dan evolusi sebagai respons terhadap perubahan dalam lingkungan bisnis, teknologi, dan faktor-faktor lainnya. Hampir setiap lapisan masyarakat diwajibkan untuk beradaptasi pada hal baru seperti ini, sehingga hal inilah yang mendorong gerakan Ayo berwirausaha oleh pemerintah sebagai salah satu bentuk upaya untuk tetap menjalankan roda perekonomian negara. Sehingga pendidikan terkait dengan kewirausahaan sudah mulai diterapkan sedini mungkin mulai jenjang sekolah dasar. Ini juga yang dirasakan oleh Siswa UPT SD Negeri 2 Gresik yang berlokasi di Kelurahan Karangturi sehingga menjadi peluang besar Mahasiswa KKN Universitas Muhamadiyah Gresik dalam mengenalkan cara berwirausaha yang menarik dan menyenangkan demi meningkatkan minat berwirausaha sedini mungkin. Metode yang digunakan meliputi: Fun Learning dengan materi yang menarik siswa untuk menyimak dan memahami secara seksama terkait tata cara berwirausaha, Fun Cook dimana siswa diminta untuk membuat suatu kreasi makanan atau minuman dengan hasil tangannya sendiri, dan juga Fun Market dimana siswa menjualkan hasil buatanya kepada guru atau temannya sendiri. Hasil sosialiasi Gerakan Ayo Berwirausaha diperoleh Peningkatan Minat berwirausaha sebelum sosialisasi sebesar 31,6 % dan sesudah sosialisasi sebesar 89,4 %. Kegiatan ini secara langsung memberikan manafaat untuk meningkatkan minat dan keterampilan dalam berwirausaha pada anak.