Peningkatan Minat Berwirausaha Melalui Sosialisasi Gerakan Ayo Berwirausaha Dengan Pendekatan Community Based Research Pada Anak Sekolah Dasar Di UPT SD Negeri 2 Gresik Kelurahan Karangturi

  • Abi Hanif Dzulqarnain Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Alkusani Alkusani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Aswan Dwi Arianto Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ahmad Ihya Muzakki Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nurhul Hudah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Perkembangan wirausaha saat ini terus mengalami berbagai perubahan dan evolusi sebagai respons terhadap perubahan dalam lingkungan bisnis, teknologi, dan faktor-faktor lainnya. Hampir setiap lapisan masyarakat diwajibkan untuk beradaptasi pada hal baru seperti ini, sehingga hal inilah yang mendorong gerakan Ayo berwirausaha oleh pemerintah sebagai salah satu bentuk upaya untuk tetap menjalankan roda perekonomian negara. Sehingga pendidikan terkait dengan kewirausahaan sudah mulai diterapkan sedini mungkin mulai jenjang sekolah dasar. Ini juga yang dirasakan oleh Siswa UPT SD Negeri 2 Gresik yang berlokasi di Kelurahan Karangturi sehingga menjadi peluang besar Mahasiswa KKN Universitas Muhamadiyah Gresik dalam mengenalkan cara berwirausaha yang menarik dan menyenangkan demi meningkatkan minat berwirausaha sedini mungkin. Metode yang digunakan meliputi: Fun Learning dengan materi yang menarik siswa untuk menyimak dan memahami secara seksama terkait tata cara berwirausaha, Fun Cook dimana siswa diminta untuk membuat suatu kreasi makanan atau minuman dengan hasil tangannya sendiri, dan juga Fun Market dimana siswa menjualkan hasil buatanya kepada guru atau temannya sendiri. Hasil sosialiasi Gerakan Ayo Berwirausaha diperoleh Peningkatan Minat berwirausaha sebelum sosialisasi sebesar 31,6 % dan sesudah sosialisasi sebesar 89,4 %.  Kegiatan ini secara langsung memberikan manafaat untuk meningkatkan minat dan keterampilan dalam berwirausaha pada anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 14, 2024
How to Cite
DZULQARNAIN, Abi Hanif et al. Peningkatan Minat Berwirausaha Melalui Sosialisasi Gerakan Ayo Berwirausaha Dengan Pendekatan Community Based Research Pada Anak Sekolah Dasar Di UPT SD Negeri 2 Gresik Kelurahan Karangturi. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 78-84, june 2024. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/7871>. Date accessed: 03 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i2.7871.
Section
Articles