MENINGKATKAN ATTITIDE SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA MI MUHAMMADIYAH 10 TLOGOSADANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya hubungan antara sikap
(Attitude) siswa dan motivasi dalam belajar dengan hasil belajar dalam mata pelajaran akidah akhlak. Akidah akhlak merupakan pondasi yang penting dalam membentuk insan yang berakhlak mulia, dan menciptakan manusia yang bertaqwa. Dengan adanya pembelajaran akidah akhlak guru dapat menanamkan attitude yang baik kepada siswa. Salah satunya dengan cara penerapan metode pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir. Yang menjadi persyaratan keberhasilan dari metode ini adalah pengenalan dan pemahaman konsep dasar, eksplorasi fakta dan informasi yang relevan secara mandiri, bertukar pemahaman dalam kelompok/kelas, kesimpulan dan evaluasi. Hasil kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode problem based learning dalam mata pelajaran akidah akhlak dilakukan melalui perancanaan, pelaksanaan, dan evaluasi