MENINGKATKAN ATTITIDE SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA MI MUHAMMADIYAH 10 TLOGOSADANG

Authors

  • Azie Ony Sapura Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Hanifah Nisaurrohmah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Muhammad Fakhri Ariono Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ulfatul Marifah Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i1.6705

Keywords:

Attitude, Akidah Akhlak, Problem Based Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya hubungan antara sikap
(Attitude) siswa dan motivasi dalam belajar dengan hasil belajar dalam mata pelajaran akidah akhlak. Akidah akhlak merupakan pondasi yang penting dalam membentuk insan yang berakhlak mulia, dan menciptakan manusia yang bertaqwa. Dengan adanya pembelajaran akidah akhlak guru dapat menanamkan attitude yang baik kepada siswa. Salah satunya dengan cara penerapan metode pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir. Yang menjadi persyaratan keberhasilan dari metode ini adalah pengenalan dan pemahaman konsep dasar, eksplorasi fakta dan informasi yang relevan secara mandiri, bertukar pemahaman dalam kelompok/kelas, kesimpulan dan evaluasi. Hasil kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode problem based learning dalam mata pelajaran akidah akhlak dilakukan melalui perancanaan, pelaksanaan, dan evaluasi

Additional Files

Published

2023-10-31

How to Cite

Sapura, A. O., Nisaurrohmah, H., Ariono, M. F., & Marifah, U. (2023). MENINGKATKAN ATTITIDE SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA MI MUHAMMADIYAH 10 TLOGOSADANG. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Kuliah Kerja Nyata, 1(1), 539–543. https://doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i1.6705

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.