GERAKAN CINTA MENABUNG UNTUK MENINGKATKAN PENGELOLAAN FINANSIAL SECARA ISLAMI SEJAK DINI DI MI MUHAMMADIYAH 10 TLOGOSADANG

  • Andini Auliya Putri Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Risca Nur Wahyuni Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Siska Dwi Nurjayanti Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ulfatul Marifah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Menabung adalah menyisihkan sebagian pendapatan hari ini untuk mengantisipasi kebutuhan masa depan, baik yang tak terduga maupun yang terduga. Gerakan cinta menabung sejak dini dapat meningkatkan pemahaman anak-anak di MI Muhammadiyah 10 Tlogosadang bahwa menabung sangat bermanfaat bagi masa depan serta dapat memberikan manfaat pada anak-anak dalam membuat pengelolaan keuangan. Di dalam pembuatan pengelolaan keuangan, dapat menyisihkan sebagian pendapatan untuk berinfak atau bersedekah. Karena sedekah menurut Islam tidak akan membuat harta yang dimiliki menjadi berkurang atau habis. Oleh karena itu, penerapan perencanaan pengelolaan finansial secara islami harus ditanamkan sejak dini, dengan menyisihkan sebagian pendapatan untuk kebutuhan dunia dan juga akhirat kelak. Metode kegiatan menggunakan tahapan: survey ke sekolah dan pengajuan perizinan pelaksanaan kegiatan; penyusunan materi; persiapan metode dan alat yang digunakan; pelaksanaan penyuluhan; dan pembuatan laporan. Sedangkan penyampaian materi penyuluhan menggunakan ceramah, dan tanya jawab. Hasil kegiatan yang dicapai adalah anak-anak antusias dalam mengikuti kegiatan dan memberi respon positif, termotivasi untuk menabung dengan belajar pengelolaan keuangan. Sebagian besar siswa sudah memiliki pengalaman menabung sederhana di rumah, namun belum terlatih mengenai pengelolaan keuangan secara mandiri. Dari kegiatan ini diharapkan anak-anak bisa menerapkan pengelolaan keuangan yang baik, belajar hidup hemat, menggunakan uang dengan bijak, dan mementingkan kebutuhan daripada keinginan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 31, 2023
How to Cite
PUTRI, Andini Auliya et al. GERAKAN CINTA MENABUNG UNTUK MENINGKATKAN PENGELOLAAN FINANSIAL SECARA ISLAMI SEJAK DINI DI MI MUHAMMADIYAH 10 TLOGOSADANG. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 530-538, oct. 2023. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/6704>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i1.6704.
Section
Articles