SOSIALISASI MANAJEMEN WAKTU DAN KEUANGAN DI SD MUHAMMADIYAH KOMPLEKS GRESIK (DESA PULO PANCIKAN KECAMATAN GRESIK KABUPATEN GRESIK)

  • Ma’had Wicaksono Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Muhammad Syauqi Amin Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ghalih Dwi Febrianto Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Muhammad Luqman Al Hakim Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Kecamatan Gresik membawahi 16 kecamatan dan 5 desa, salah satu diantaranya ada desa Pulopancikan. Manajemen waktu di dalam sebuah perencanaan kegiatan merupakan suatu teknik untuk mengatur dan meningkatkan penggunaan waktu secara efektif, Manajemen Waktu sendiri juga dapat diartikan sebagai ilmu dimana manusia dapat menggunakan waktu secara berdaya guna dan berhasil diimplementasikan. Manajemen keuangan adalah cara untuk mengatur merencanakan pengeluaran dan tabungan yang baik dimasa mendatang. metode sosialisasi kepada anak – anak usia dini terkait manajemen waktu dan keuangan sangatlah penting, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi anak – anak usia dini, dalam mengenal uang dengan benar, memanfaatkan waktu dengan baik, mengelola uang dengan bijaksana, pentingnya menabung untuk masa depan. Sosialisasi dilaksanakan di Desa Pulopancikan Kecamatan Gresik dengan target anak – anak yang berada pada kelas 6 SD Muhammadiyah Gresik Pulopancikan. Metode yang digunakan yakni dengan sosialisasi dan edukasi dengan menyampaikan materi secara langsung, dan penayangan film. Hasil yang diperoleh ternyata anak – anak telah memiliki tingkat literasi terkait keuangan dan waktu yang cukup baik, antusiasme anak - anak dalam mengikuti kegiatan pun cukup aktif, tetapi mereka tidak memiliki tabungan yang aktif, dan ternyata orang tua mereka tidak mengarahkan untuk menabung sehingga para anak- anak menggunakan uang saku mereka hanya untuk mebeli jajan dan mainan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 30, 2023
How to Cite
WICAKSONO, Ma’had et al. SOSIALISASI MANAJEMEN WAKTU DAN KEUANGAN DI SD MUHAMMADIYAH KOMPLEKS GRESIK (DESA PULO PANCIKAN KECAMATAN GRESIK KABUPATEN GRESIK). Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 380-384, oct. 2023. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/6673>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i1.6673.
Section
Articles