PELATIIHAN SERTA PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SEKOLAH DUSUN DAUN BARAT, DESA DAUN, KECAMATAN SANGKAPURA, KABUPATEN GRESIK”

  • Muhammad Diyauddin Maulidi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Samsul Arifin Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Herlando Prayitno Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Rahmad Agus Santoso Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Pada zaman ini, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) semakin berkembang pesat. Hal ini dikarenakan teknologi membantu segala aspek dalam kehidupan manusia. Dalam aspek pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat berpengaruh terkhususnya bagi siswa dan siswi yang sangat memerlukan pelatihan dan pengenalan terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) agar dapat membantu mereka dalam proses pembelajaran. Permasalahan utama yang didapatkan yakni terdapat pada sekolah yang ada di Dusun Daun Barat, Desa Daun yaitu MTs Muhammadiyah 5 Daun dan SMK Muhammadiyah 4 Sangkapura. Ternyata setelah melakukan kunjungan, ditunjukkan bahwa tidak semua siswa dan siswi mengenal dan mengetahui tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pengetahuan dan wawasan tentang penggunaan serta pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) seharusnya penting diketahui bagi siswa dan siswi MTs Muhammadiyah 5 Daun dan SMK Muhammadiyah 4 Sangkapura. Dari permasalahan tersebut, diadakannya sosialisasi mengenai pelatihan serta pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang bertujuan untuk melatih, mengenalkan, dan meningkatkan pengetahuan serta wawasan kepada siswa dan siswi MTs Muhammadiyah 5 Daun dan SMK Muhammadiyah 4 Sangkapura. Adapun hasil dari sosialisasi yang telah dilakukan yaitu siswa dan siswi MTs Muhammadiyah Daun yang sudah memahami mengenai komputer dibuktikan dengan pelatihan pada test penggunaan Microsoft word dan para siswa dan siswi SMK Muhammadiyah 4 Sangkapura yang sudah mengenal mengenai cara pembuatan website portofolio pribadi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 27, 2023
How to Cite
MAULIDI, Muhammad Diyauddin et al. PELATIIHAN SERTA PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SEKOLAH DUSUN DAUN BARAT, DESA DAUN, KECAMATAN SANGKAPURA, KABUPATEN GRESIK”. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 322-326, oct. 2023. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/6658>. Date accessed: 22 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i1.6658.
Section
Articles