MENGASAH KREATIVITAS DAN MELATIH KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI AKTIVITAS MENGGAMBAR PADA ANAK KELAS 1 UPT SD NEGERI 238 GRESIK DESA SIDOJANGKUNG KECAMATAN MENGANTI KABUPATEN GRESIK

  • Hesty Eka Pratiwi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Imroatu Ainiyyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nadhirotul Laily Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

UPT SDN 238 Gresik adalah sekolah dasar yang terletak di Desa Sidojangkung Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Lokasi dari UPT SDN 238 Gresik berada disebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Cerme dan wilayah Kota Surabaya, di sebelah timur berbatasan dengan Kota Surabaya, di sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Driyorejo, di sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Kedamean dan Kecamatan Cerme. Keterampilan motorik halus adalah kemampuan untuk mengontrol gerakan melalui kegiatan koordinasi saraf sistem, fibril, dan otot seperti jari dan tangan. Kemampuan motorik halus juga dipandang sebagai faktor penting dalam proses pengembangan kemampuan kognitif pada anak. Kreativitas adalah kemampuan mengimajinasikan, menafsirkan, dan mengemukakan gagasan serta usaha yang memiliki daya cipta untuk kombinasi baru dari unsur sebelumnya yang sudah ada sehingga diperoleh peningkatan kualitas seseorang dalam pengembangan dirinya. Kreativitas menjadi kunci penting bagi setiap orang untuk menghadapi perubahan dalam kehidupannya maupun kehidupan itu sendiri. Tak berbeda pula untuk anak-anak. Di era pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, kegiatan belajar mengajar sebelumnya dilakukan secara daring. Oleh karena itu, saat anak-anak yang duduk dibangku TK (Taman Kanak-kanak) seharusnya mendapatkan banyak pengalaman belajar dan bermain di TK harus mengalami pembelajaran jarak jauh sehingga saat diberlakukan pembelajaran tatap muka mereka sudah memasuki SD (Sekolah Dasar). Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik Jurusan Psikologi adalah untuk mengasah kreativitas dan melatih keterampilan motorik melalui aktivitas menggambar pada anak kelas 1 UPT SD Negeri 238 Gresik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 24, 2023
How to Cite
PRATIWI, Hesty Eka; AINIYYAH, Imroatu; LAILY, Nadhirotul. MENGASAH KREATIVITAS DAN MELATIH KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI AKTIVITAS MENGGAMBAR PADA ANAK KELAS 1 UPT SD NEGERI 238 GRESIK DESA SIDOJANGKUNG KECAMATAN MENGANTI KABUPATEN GRESIK. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 109-114, oct. 2023. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/6597>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i1.6597.
Section
Articles