Profil Pemahaman Konsep Peserta Didik Autism Spectrum Disorder (ASD) Pada Materi Geometri Di SLBN Cerme
Abstract
Matematika merupakan salah satu bidang ilmu yang melatih untuk berpikir geometris. Untuk mengembangkan cara berpikir geometris perlu pemahaman konsep yang matang. Pentingnya belajar geometri sebagai sarana untuk mengembangkan konsep matematika lainnya. Peneliti menggunakan teori Anderson & Karthwohl tentang komponen pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian ekploratif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara utuh tentang pemahaman konsep peserta didik ASD dengan tingkat intelegensi rendah pada materi geometri di SLBN Cerme. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh deskripsi pemahaman konsep sebagai berikut: (1) menafsirkan, Subjek menginterprestasikan persegi seperti tahu dan persegi panjang seperti papan tulis; (2) memberi contoh, subjek memberikan contoh persegi dan persegi panjang dengan menggambar bangun yang tidak sesuai dengan sifat persegi dan persegi panjang; (3) menggolongkan, subjek menggolongkan bangun yang termasuk persegi, persegi panjang maupun bukan kedua-duanya; (4) meringkas, subjek menyebutkan secara sederhana tentang ciri-ciri persegi dan persegi panjang; (5)menyimpulkan, subjek menyimpulkan tentang pengertian persegi dan persegi panjang berdasarkan pengamatan; (6) membandingkan, subjek mengungkapkan tentang persamaan dan perbedaan persegi dan persegi panjang; (7) menjelaskan, diharapkan pada indikator ini subjek dapat mengkonstruk hubungan sebab akibat antar konsep geometri (persegi dan persegi panjang).
Katakunci: Pemahaman Konsep, ASD dan Geometri