Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pokok Bahasan Barisan Dan Deret Melalui Model Pembelajaran Guided Discovery Learning

Authors

  • Risa Fausi SMK Ma’arif Terpadu Tempurejo

DOI:

https://doi.org/10.30587/postulat.v2i1.2973

Keywords:

Guided Discovery Learning, Keaktifan, PTK

Abstract

Permasalahan penelitian ini mendeskripsikan tentang Apakah penerapan model pembelajaran Guided Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas X Smk Maarif Terpadu Tempurejo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar Matematika pada siswa kelas X SMK Maarif Terpadu kecamatan Tempurejo.Penelitian ini merupakan penelititian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus.Teknik yang digunakan dalam penilaian ini dalam bentuk non tes, yaitu observasi dan dokumentasi hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan keaktifan menggunakan model pembelajaran guided discovery learning. Perolehan skor rata-rata pada siklus I mencapai 69%, siklus 74%, dan pada siklus III yaitu mencapai 76% Jadi keaktifan dari siklus I meningkat 5% disiklus II dan meningkat 10% disiklus III. baik dari tiap indikator keaktifan maupun secara klasikal sudah mencapai target yang di harapkan yaitu mencapai ≥ 75%.

Downloads

Published

2021-08-06

How to Cite

Fausi, R. (2021). Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pokok Bahasan Barisan Dan Deret Melalui Model Pembelajaran Guided Discovery Learning. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 71–86. https://doi.org/10.30587/postulat.v2i1.2973

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.