Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi, Dan Disiplin Kerja, Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi PT. Langgeng Jaya Plastindo Gresik

  • Firdian Agung Pristianto Univeritas Muhammadiyah Gresik
  • Roziana Ainul Hidayati

Abstract

Abstrak


Latar Belakang – Kinerja dapat tercapai jika perusahaan memiliki sumber daya manusia yang baik dan memiliki kinerja yang tinggi, tetapi kinerja karyawan didalam suatu organisasi atau perusahaan tidak selalu meningkat, terkadang kinerja karyawan dalam perusahaan juga mengalami penurunan. Kinerja karyawan akan sangat penting bagi PT. Langgeng Jaya Plastindo yang mengandalkan peran aktif dari seluruh Sumber Daya Manusia yang dimiliki untuk meningkatkan kinerja karyawan.


Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial kepemimpinan, kompensasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan bagian produksi PT Langgeng Jaya Plastindo Gresik.


Desain / Metodologi / Pendekatan - Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yakni PT. Langgeng Jaya Plastindo Gresik. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampel Isaac dan Michae dengan tingkat signifikansi 5% dari jumlah populasi sebesar 140 maka sampel yang di ambil sebanyak 100 karyawan. Tehnik pengumpulan data menggunakan data primer dan pengambilan data informan menggunakan angket atau survei kuesioner dengan menggunakan uji instrumen data, uji asumsi klasik, analisisregresi linier berganda dan uji hipotesi (uji t dan koefisien determinasi) dengan bantuan
program SPSS.


Temuan - Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Kepemimpinan (X1), Kompensasi (X2) dan Disiplin Kerja (X3) masing – masing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja karyawan (Y) nilai Adjusted R square sebesar 0,609. Hal ini menunjukan 60,9% variasi variabel kinerja karywan dapat dijelaskan oleh kepemimpinan, kompensasi dan disiplin kerja, sedangkan sisanya 39,1% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini.


Implikasi penelitian - Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan sebagai informasi tambahan bagi pihak perusahaan dalam kepemimpinan, kompensasi, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Langgeng Jaya Plastindo.


Batasan penelitian - Keterbatasan penelitian ini yaitu hanya menggunakan tiga variabel sedangkan masih banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan terkait temuan fenomena yang mungkin terjadi dalam perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 12, 2024
How to Cite
PRISTIANTO, Firdian Agung; HIDAYATI, Roziana Ainul. Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi, Dan Disiplin Kerja, Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi PT. Langgeng Jaya Plastindo Gresik. Jurnal Mahasiswa Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 01, p. 15-28, jan. 2024. ISSN 2722-4759. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/mahasiswamanajemen/article/view/6346>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/mahasiswamanajemen.v4i01.6346.