The Effect of Undelivered Air Traffic Service Inter-Facility Datalink Communication Messages on Air Traffic Controller Workload

  • Waluyo Setyo Pramono Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Nunuk Praptiningsih Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Togi Adnan Maruli Sinaga Politeknik Penerbangan Indonesia Curug

Abstract

Studi ini membahas pentingnya ATS Inter-facility Data Communication (AIDC) dalam mengurangi beban kerja Air Traffic Controller (ATC) di Approach Control Unit (APP) Airnav Cabang Denpasar. Fungsi AIDC adalah untuk bertukar data penerbangan antara sistem ATC yang berbeda untuk memfasilitasi koordinasi. Namun, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan Pesan AIDC Tidak Terkirim, seperti perbedaan koordinasi perhitungan over point, database kinerja pesawat, database waypoint dan rute, adaptasi manusia, dan penggunaan kabel serial. Kegagalan ini dapat menyebabkan peningkatan beban kerja untuk ATC dan penurunan efisiensi. Penelitian bertujuan untuk menilai implementasi AIDC di APP, menentukan beban kerja ATC, menganalisis dampak optimasi AIDC terhadap beban kerja, dan mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan AIDC.


Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, meliputi observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi. Data akan dianalisis menggunakan teknik statistik seperti korelasi Pearson Product Moment dan analisis regresi linier. Temuan penelitian ini akan memberikan wawasan tentang efektivitas optimalisasi AIDC dalam mengurangi beban kerja ATC dan meningkatkan manajemen lalu lintas udara di wilayah Denpasar. Kesimpulan dari analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara Pesan AIDC Tidak Terkirim dan Workload ATC dari nilai signifikansi hasil uji korelasi pearson product moment sebesar 0.971 yang berarti variabel berkorelasi sangat kuat. Variabel Pesan AIDC Tidak Terkirim memberikan pengaruh sebesar 94% terhadap Variabel Workload ATC.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 15, 2024
How to Cite
PRAMONO, Waluyo Setyo; PRAPTININGSIH, Nunuk; SINAGA, Togi Adnan Maruli. The Effect of Undelivered Air Traffic Service Inter-Facility Datalink Communication Messages on Air Traffic Controller Workload. Kontribusia : Research Dissemination for Community Development, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 77-87, aug. 2024. ISSN 2614-1590. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/kontribusia/article/view/8051>. Date accessed: 26 oct. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/kontribusia.v7i2.8051.