DESAIN INOVASI PEMBELAJARAN FLOW-DEEP LEARNING UNTUK OPTIMALISASI POTENSI DIRI MAHASISWA DIFABEL

  • Hidayat Hidayat Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Afakhrul Masub Bakhtiar Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Rini Puji Astutik Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang inovasi pembelajaran berbasis flow-deep learning yang dapat mengoptimalkan potensi diri mahasiswa difabel. Dengan meningkatnya kebutuhan akan aksesibilitas dalam pendidikan tinggi, pendekatan ini diharapkan dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih inklusif dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melibatkan mahasiswa difabel di berbagai program studi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner untuk mengevaluasi kebutuhan dan tantangan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model flow-deep learning dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan mahasiswa, serta memperbaiki hasil belajar mereka. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan kurikulum yang lebih responsif terhadap kebutuhan mahasiswa difabel, serta memperkuat argumentasi tentang pentingnya pendidikan inklusif di institusi pendidikan tinggi.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 1, 2024
How to Cite
HIDAYAT, Hidayat; BAKHTIAR, Afakhrul Masub; ASTUTIK, Rini Puji. DESAIN INOVASI PEMBELAJARAN FLOW-DEEP LEARNING UNTUK OPTIMALISASI POTENSI DIRI MAHASISWA DIFABEL. JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 1-8, nov. 2024. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/8776>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v5i1.8776.
Section
Articles