ANALISA SERVIS MOTOR DI DEALER XYZ DENGAN SIMULASI ARENA

Authors

  • Achmad Agung Wahyudi Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/justicb.v4i3.7770

Keywords:

Antrian, Software Arena, Pelayanan

Abstract

Perusahaan yang selalu menjaga kualitas adalah perusahaan yang baik. Tingkat pelayanan yang diberikan kepada pelanggan dapat dijadikan ukuran kualitas perusahaan. Panjang dan panjang antrian adalah indikator layanan berkualitas tinggi., Dealer Motor XYZ , merupakan salah satu bisnis yang selalu berusaha untuk mempertahankan tingkat pelayanan yang tinggi dengan memperhatikan barisan pelanggan. Dealer motor XYZ memiliki empat backlift, namun hanya tiga yang aktif. Kondisi di penjualalan Dealer XYZ bervariasi, jika ramai antreannya mencapai 6-12 antrean. Tidak ada antrean saat sepi, namun banyak karyawan yang kemudian menganggur. Pelanggan service motor di Dealer Motor XYZ bersifat infinite (populasi tidak terbatas), panjang antrian juga tidak terbatas, dan pola kedatangan pelanggan berdistribusi Lognormal, customer service berdistribusi Uniform, Triangular semuanya berdasarkan temuan penelitian yang telah dilakukan. dilakukan di bagian service bengkel. Simulasi dilakukan dengan menggunakan prosedur analisa software Arena untuk sampai pada skenario yang ideal. Skenario yang ideal adalah sebagai berikut: berdasarkan pengurangan waktu tunggu di setiap antrian server dan total waktu pelanggan sebesar 1,47 dan berkurangnya waktu tunggu dalam antrian pada masing – masing server, diusulkan skenario 1 (penambahan satu server) Pemanfaatan server 1 (0,95), 2 (0,88), 3 (0,79), 4 (0,75).

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Wahyudi, A. A. (2024). ANALISA SERVIS MOTOR DI DEALER XYZ DENGAN SIMULASI ARENA. JUSTI (Jurnal Sistem Dan Teknik Industri), 4(3), 345–350. https://doi.org/10.30587/justicb.v4i3.7770

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.